Information

Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur 2016

14956462_1388299151187933_4666181350368714279_n
Pemilihan Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur 2016

Haiii haii #SobatRemajaaa !!! Semangat siang guys…
Ada yang tahu nggak sih, di Bulan November ini selain ada peringatan Hari Pahlawan, bulan ini juga diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional. Yup HKN 2016! Inget nggak siaran radio kita minggu lalu, Hari Selasa 8 November 2016??? Pada kesempatan saat itu, kita sosialisasi nih kegiatan yg bakal diselenggarakan dalam rangka memperingati HKN 2016.
Nahhh, jadi hampir setiap tahunnya, kita menyelanggarakan Pemilihan Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur nih guys.. Kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional sekaligus merayakan International Youth Day yang jatuh pada tanggal 12 Agustus oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.
Apasih Duta Kesehatan Remaja ini kak??? Jadi gini, duta kesehatan remaja itu adalah perwakilan dari remaja yang akan menyuarakan apa yang menjadi keinginan dan cita-cita kita sebagai remaja yang mungkin kurang sedikit mendapatkan respon apabila kita meyuarakan Hak kita secara sendiri. Simpelnya, duta remaja adalah sebuah penyambung aspirasi dan inspirasi para remaja di luar sana, lebih kerennya lagi duta remaja ini berada dan di pilih dari perwakilan 38 kab/kota di Jawa Timur. Duta Remaja sendiri memiliki sebuah tujuan yaitu bersama-sama dan akan menjadi sebuah triger kemandirian dalam melakukan pemenuhan Hak kesehatan reproduksi dan hak kesehatan seksual remaja secara komperhensiv yang sehat, kuat, dan merdeka.
Gimana sihh teknis pemilihan DKR 2016 ini?? Hmmm #SobatRemaja, sebenernta seleksi di tingkat 38 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur sudah dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu. Dan tiap kabupaten kota mendelegasikan 1 pasang remaja yang lolos pada tahap regional. Nah 1 pasang remaja di tingkat kabupaten kota ini kemudian mengikuti beberapa runtutan kegiatan, diantaranya karantina yang dilaksanakan di Horison Hotel Surabaya pada tanggal 9-11 November 2016.
15073453_1394217623929419_1102399811161696766_n
Salah satu prosesi penguatan materi KIE Media Sosial
Selama proses karantina itu, para finalis mendapat berbagai materi peningkatan kapasitas dan juga FGD. Selain itu, para finalis juga mengikuti beberapa sesi pertanyaan dan tes tulis serta membuat karya media KIE dan dipresentasikan. Dari sederet proses itulah dilakukan  penilaian untuk menjaring para finalis menjadi lima besar (lima pasang). Daaaaaannnn didapatlah 10 nama dariu berbagai kabupaten kota di Jawa Timur yang masuk dalam 5 besar, diantaranya;
16
Juliarizky Shinta Dewi (Pr)
Kabupaten Gresik
32
Bella Aprila Azzahra L. (Pr)
Kota Madiun
67
Syaiful Rizal (Lk)
Kabupaten Sumenep
56
Annisa Nabila (Pr)
Kabupaten Ponorogo
76
Alifia G.F (Pr)
Tulungagung
29
Aryanda Rizky A.P (Lk)
Kabupaten Madiun
18
Salsabilla Widarosa (Pr)
Kabupaten Jember
63
M. Izhar Mahendra S.N (Lk)
Kabupaten Sidoarjo
45
Billy Aufa A. (Lk)
Ngawi
65
Aditya Novan Firmansyah (Lk)
Kabupaten Situbondo
Nahh, 5 besar ini baru diumumkan di Royal Plaza guys.. Setelah mengetahui siapa aja yg masuk 5 besar, para finalis ini kemudian diberikan pertanyaan mengenai visi misi dan juga beberapa pertanyaan dari dewan juri terkait HKSR dan studi kasus HIV-AIDS juga lhoo.. Berat yaa… wkwkwk
Daaaannnn, setelah beberapa waktu berlalu, penilaian dari juri selesai, dan bla bla blaaa… Finallyyyy, keluarlah Juara I Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur, Wakil 1 Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur dan Wakil II Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur 😀 Yeeayyyyy!!!
Berikut nihhh dafatr nama pemenangnyaaa…
Juara 1 Laki-laki Syaiful Rizal Kabupaten Sumenep
Juara 1 Perempuan Julianrizky Shinta Dewi Kabupaten Gresik
Wakil 1 Laki-laki Aryanda Rizky A.P Kabupaten Madiun
Wakil 1 Perempuan Bella Aprila Azzahra L. Kota Madiun
Wakil 2 Laki-laki M. Izhar Mahendra S.N Kabupaten Sidoarjo
Wakil 2 Perempuan Annisa Nabila Kabupaten Ponorogo
15095072_1393234144027767_4138172819724695786_n
Yeeayyyyy!!! Selamat Kepada Syaiful Rizal (Kabupaten Sumenep) dan Julianrizky Shinta Dewi (Kabupaten Gresik)
Sekali lagii selamat kepada para pemenang, semoga bisa menjadi panutan untuk remaja-remaja kreatif lainnya, dan bisa menjadi motivasi bagi remaja lainnya agar dapat memberikan semangat untuk terus menerapkan pola hidup sehat ala remajaaa!!! Dan buat pembaca yang excited dan tahun depan ingin berpartisipasi sebagai peserta DKR 2017, yukk sharing bareng disiniiii guyss..

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh: Novia Rahmawati (PJ KIE Media Sosial SeBAYA PKBI JATIM)

Advertisements

2 thoughts on “Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s