Siaran Radio

MEMPERINGATI HARI AIDS SEDUNIA

images
#WorldAIDSDay2016

 

Hai hai hai #SobatRemaja Apa kareba?. Eits kok jadi orang Medan nih. Hehehe… #SobatRemaja tanggal 1 Desember besok tuh peringatan hari apa ya?. Hayo…. Inget gak #SobatRemaja jangan-jangan malah nggak tahu sama sekali nih. Hem….  Sayang benget dong ya kalau #SobatRemaja pada nggak tahu?. Tapi aku yakin banget sama #SobatRemaja yakin seyakin yakinnya yakin 100% deh kalau #Sobat Remja udah pada tahu semua. Hari apa hayo? Yap… Bener banget Hari AIDS Sedunia. Widih… sedunia?. Keren ya, gak terima sekampung atau se Kota atau se Kabupaten lho gengs? SEDUNIA.

Aku tegesin lagi ya #SobatRemaja, buka mata dan telinga lebar-lebar ya gengs?. Hehehe…. Besok hari Kamis teptnya tanggal 01 Desember 2016 kita bakalan sama-sama memperingari Hari AIDS Sedunia. Tapi ngemeng-ngemeng, eh ngomong-ngomong #SobatRemaja yang kece-kece. Aku pengen sedikit share info sama teman-teman terkait peringatan Hari AIDS Sedunia yang akan kita peringati besok. Aku mau share info kalau SeBAYA bakal turut ikut berpartisipasi lho. Tapi sebelum aku Share ke teman-teman sekalian kurang afdhol banget ya kalau kita belum tahu sejarah HIV & AIDS. Kok bisa si cantik dan si tampan HIV & AIDS ini ada bahkan pertumbuhan serta penyebaran si HIV & AIDS semakin tahun semakin meningkat. Wuiihhh……

#SobatRemaja yang kece abis, berbicara mengenai sejarah lahirnya si HIV dan AIDS ini banyak sekali bermunculan pendapat. Pendapat pertama mengatakan bahwa kemunculan HIV & AIDS dimulai ketika tahun 1979 tepatnya di Amerika Serikat ditemukan seorang dengan Pneumocystis Carinii dan dua orang lainnya dengan Sarcoma Kaposi. Pada tahun 1981 ditemukan juga seseorang dengan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Ada lagi pendapat lain Karena si HIV berkembang dari satu jenis SIV yang ditemukan pada tipe simpanse di Afrika Barat, banyak orang menganggap bahwa HIV pertama muncul pada manusia di sana. Kemudian dianggap bahwa HIV menyebar dari Afrika ke seluruh dunia. Kita mungkin tidak akan pernah tahu secara pasti kapan dan dimana virus HIV muncul pertama kali, tetapi yang jelas pada suatu waktu di pertengahan abad 20-an ini, infeksi HIV pada manusia berkembang menjadi epidemi penyakit di seluruh dunia yang saat ini lebih dikenal sebagai AIDS.

Lha ya…. itu kan kemuncuulan HIV & AIDS di dunia kalau di Indonesi sendiri dimana dong? Yuhu …… bener banget jawaban dari #SobatRemaja HIV pertama kali dilaporkan di Bali pada bulan April 1987, terjadi pada orang berkebangsaan Belanda. Secara signifikan kasus HIV/AIDS terus meningkat. Dimana sampai saat ini secara signifikan kasus HIV/AIDS terus meningkat.

Terus-terus kalau udah tahu sejarah si HIV & AIDS kita langsung cuz bahas bareng-bareng ya #SobatRemaja Kenapa kok Hari AIDS sedunia di peringati tanggal 1 Desember ya? Kok nggak tanggal 3 atau 29 gitu kok nggak bulan April atau Agustus aja?. Kenapa hayo? Ini nih jawabannya #SobatRemaja jadi Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Udah-udah…. yang penting dan paling penting nih #SobatRemaja bagaimana kita memaknai Hari AIDS Sedunia. Ya kan? Jadi Sobat Remaja yang kece abis peringatan Hari AIDS Sedunia bisa kita jadikan momentum untuk lebih jaga diri kita agar jangan sampai kita terinfeksi HIV & AIDS so pasti kita hindari tuh apa aja yang bisa menjadi penyebab kita bisa terinfeksi HIV dan AIDS. Oh ya #SobatRemaja banyaknya mitos HIV/AIDS yang bertahan lama di masyarakat mengakibatkan kesalahpahaman mengenai tindakan penularan virus yang satu ini.  HIV hanya bisa tertular dari satu orang ke orang lain melalui perantaraan cairan tubuh, tetapi tidak sembarang cairan tubuh. Cairan tubuh yang menjadi media hidupnya dan berpotensi menularkan HIV adalah darah, cairan kelamin (sperma atau cairan vagina) dan air susu ibu (ASI). Di luar ketiga cairan ini tidak berpotensi menularkan HIV. Itu artinya air mata, keringat, air seni dan air liur tidak berpotensi menularkan HIV. Jadi #SobatRemaja jangan sampai nih kita mengucilkan bahkan menjauhi penderita HIV &AIDS nggak usah kawatir bakal nular selama kita tidak melakukan hal yang menjadi penyebab kemunculan si HIV. Mari kita sama-sama berikan support agar mereka tetap semangat dalam menjalani kehidupan kedepannya.

Oh ya yang terakhir dan paling terakhir seperti apa yang aku sampaikan di depan tadi kalau SeBAYA tepatnya PKBI Jatim selaku yang menaungi SeBAYA bakalan ikut andil dalam acara peringatan Hari AIDS Sedunia yang diselenggarakan sama Penyelenggara Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) dengan mengusung Konsep “Prajuritku Super” bertempat di Gedung Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Surabaya, Jawa Timur, hari Kamis tanggal 01 Desember 2016 tepatnya pada jam 07.00 WIB – Selesai. Dimana disana PKBI Jatim yang didalamnya ada SeBAYA, layanan GF dan Klinik bakalan dirikan Stand yang didalamnya bakalan ada Photo Booth, Photo Voice, Marchendise dan Konsultasi Kesehatan Gratis. Nggak cuma ada Stand PKBI lho….. masih ada banyak lagi kejutan yang menunggu disana. Seru abis deh pokoknya rugi bingits kalau sampai nggak datang. Hmm tapi sayangngnya, peringatan HAS 2016 ini tidak dibuka untuk umum nih gengss huhuhu… Nanti kita share di artikel kita selanjutnya yaa guys :* Oke salam hangat #SobatRemaja dari kami SeBAYA PKBI Jatim. Selamat Hari AIDS Sedunia untuk tahun 2016.

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh: Mustaqim (Co. Komunitas SeBAYA PKBI JATIM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s