Information

Jenis Junk Food dan Kandungan Gizinya

jf

Hai #SobatRemaja… Selama ini pasti sering denger kan kalau mengonsumsi junk food bukan termasuk pola hidup sehat. Namun sayangnya, kita sering terkecoh makanan jenis apa saja yang termasuk kategori junk food.
Hai #SobatRemaja… Selama ini pasti sering denger kan kalau mengonsumsi junk food bukan termasuk pola hidup sehat. Namun sayangnya, kita sering terkecoh makanan jenis apa saja yang termasuk kategori junk food.
Ketika mendengar kata junk food, yang langsung terlintas di pikiran hanya ayam goreng tepung berbumbu enak buatan restoran ternama dari luar negeri, ataupun setumpuk burger buatan restoran franchise dari luar negeri. Apa benar hanya itu saja kah sobat remaja? Sebelum lebih jauh menjabarkan apa saja makanan yang termasuk kategori junk food, sobat remaja perlu tahu dahulu nih apa itu junk food.
Junk food kerap dikenal sebagai makanan yang tidak sehat (sampah). Junk food mengandung jumlah lemak yang besar, rendah serat, banyak mengandung garam, gula, lemak, kalori tinggi dan zat aditif tetapi rendah nutrisinya, rendah vitamin, mineral juga serat.
Nah, sobat remaja sudah tau kan apa itu junk food? Nah kalau jenis-jenis dari junk food itu sendiri ternyata ada banyak macamnya lho, bahkan mungkin kita secara nggak sadar sering banget mengkonsumsinya dan menjadi makanan kita sehari-hari. Berikut, 10 makanan junk food menurut World Health Organization (WHO): gorengan, makanan kalengan, asinan, daging olahan, daging berlemak dan jeroan, makanan olahan keju, mie instan, makanan yang dipanggang atau dibakar, sajian manis beku contohnya es krim, dan manisan serta minuman bersoda.
Gimana enak-enak banget kan??? Tapi sebenarnya itu semua hanya enak di lidah saja. Gimana dengan tubuh kita jika terus menerus mengkonsumsi makanan junk food??? Dan jika teman-teman tau ternyata :
Minum 1 gelas soda = minum 1 gelas penuh gula
WOW!!!! Ngeri banget kan guys!
Bahaya dari junk food nggak hanya itu aja lho sobat remaja, diantaranya yaitu :
  1. Obesitas
  2. Diabetes tipe 2
  3. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  4. Kanker
  5. Gangguan pencernaan
  6. PJK (penyakit jantung koroner)
Gimana masih mau sering-sering makan junk food???
Ada beberapa SOLUSI yang bisa sobat remaja lakukan untuk mengurangi konsumsi junk food, yaitu :
  1. Ngemil sehat
     Lebih baik anda mengemil makanan-makanan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan ataupun buah-buahan.
  1. Temukan pengganti
     Daripada membeli makanan nirnutrisi di restoran cepat saji, anda bisa membuat makanan sendiri yang lebih sehat. Misal: membuat sandwich dari roti gandum berisi sayuran dan daging ayam tanpa lemak berlebih.
  1. Hilangkan kebiasaan buruk
     Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan sambil menonton TV membuat anda tidak fokus terhadap makanan, yang pada akhirnya anda tidak sadar telah menghabiskan porsi besar.
  1. Cukup tidur
Tidurlah yang cukup 7-8 jam setiap malamnya. Apabila anda kurang tidur, nafsu makan anda semakin meningkat. Kecanduan anda terhadap junk food akan semakin parah.
  1. Tentukan batasan
  • Mengurangi kecanduan terhadap junk food membutuhkan proses yang tidak instan.
  • Untuk awal proses, kurangi sedikit demi sedikit jumlah pesanan junk food saat anda membelinya di restoran cepat saji.
  • Contoh: pesanlah burger tanpa kentang goreng atau soda. Bila anda sudah terbiasa akan hal itu, maka hentikan kebiasaan mengkonsumsi junk food
Nah sobat remaja udah tau kan dampak buruk mengkonsumsi junkfood, kalau begitu mulai dari sekarang dicoba mengurangi makanan junkfood ya sobat remaja, seperti solusi yang sudah dijelaskan diatas.. Sobat Remaja yang cerdas pasti bijaksana dalam memilih makanan apa yang harus dikonsumsi. Okeeyy,, sekian dulu artikel hari ini..Trimakasih, semoga bisa bermanfaat bagi remaja khususnya dan pembaca semuanya.. Salam Remaja Cerdas Indonesia Kurangi Junkfood…
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh: Chitra Diana Rahmawati, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga  Semester VII (Peserta Magang SeBAYA PKBI JATIM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s