Uncategorized

Bersama-sama Membangun dan Mewujudkan Cita-Cita Jiwa Muda Yang Sehat, Kuat, dan Bertanggung Jawab.

hkn

Sebuah Cita-cita dan harapan bersama untuk mewujudkan sebuah gerakan masyrakat yang sehat, kuat dan bertanggung jawab. Melibatkan semua elemen dan tidak terkecuali pemuda-pemudi Indonesia, adalah salah satu upaya bersama untuk mejadi mandiri dan merdeka, beragam dan bersama-sama.

 

Hari Kesehatan Nasional

Ada yang tahu gak soal Hari kesehatan nasional ??? atau sobat remaja juga masih bingung mengenai apa sih itu hari kesehatan nasional??? dan bedanya dengan hari tentang kesehatan lainnya apa ya kira-kira. Nah kali ini SeBAYA PKBI Jatim akan membahas dan menguliknya secara lengkap, dimana ternyata di setiap peringatan hari kesehatan nasional ini, ternyata di Jawa Timur, khusunya di Kota Surabaya mempunyai cara yang unik dan asyik dalam setiap kegiatannya, mau tahu seperti apa, yuk kita simak bersama-sama.

Pada sekitar tahun 1960-an malaria merupakan salah satu penyakit rakyat yang berkembang dengan subur. Ratusan ribu jiwa mati akibat malaria. Berdasarkan penyelidikan dan pengalaman, sebenarnya penyakit malaria di Indonesia dapat dilenyapkan. Untuk itu cara kerja harus dirubah dan diperbarui. Maka pada September 1959 dibentuk Dinas Pembasmian Malaria (DPM) yang kemudian pada Januari 1963 dirubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria tersebut ditangani secara serius oleh pemerintah dengan dibantu oleh USAID dan WHO. Direncanakan bahwa pada tahun 1970 malaria hilang dari bumi Indonesia.
Pada akhir tahun 1963, dalam rangka pembasmian malaria   dengan racun serangga DDT, telah dijalankan penyemprotan rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung, sehingga 64,5 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari kemungkinan serangan malaria. Usaha itu juga dilanjutkan dengan nusaha surveilans yang berhasil menurunkan ”parasite index” dengan cepat, yaitu dari 15 % menjadi hanya 2%.
Pada saat itulah, tepatnya pada tanggal 12 November 1964, peristiwa penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis dilakukan oleh Bung Karno selaku Presiden RI di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta.
Meskipun peristiwanya sendiri merupakan upacara simbolis penyemprotan nyamuk, tetapi kegiatan tersebut harus dibarengi dengan kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat. Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang setiap tahun terus menerus diperingati sampai sekarang. Sejak itu, HKN dijadikan momentum untuk melakukan pendidikan/penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.
Yang pasti jika kita berbicara soal kesehatan, hal tersebut adalah hak setiap orang dan tidak bisa di ganggu gugat atau di sepelekan begitu saja. Selain hal tersebut tertuang dalam sebuah UUD 45 kita, hak kesehatan juga tertuang jug dalam 12 Hak Kesehatan yang juga merupakan hasil dari konggres ICPD di kairo tahun 1994, oleh karenanya hal ini menjadi sangat penting dan merupakan tanggung jawab kita semua bersama-sama.

Muda-Mudi Hari Kesehatan Nasional Di Jawa Timur

uuuu.png

Berbicara seputar Hari Kesehatan Nasional, Jawa Timur khusunya Surabaya yang menjadi Ibu kota dengan julukan Kota Pahlawan ini mempunyai cara yang unik dan sangat asyik di setiap kegiatan Hari Kesehatan Nasional tersebut. Melibatkan anak muda yang kreativ dan inovatif, adalah salah satu bagian yang menjadi nilai tersendiri, karena anak muda merupaka aset penting dalam sebuah proses pembangunan bangsa Indonesia kita tercinta.
Dinas Kesehatan Provinsi, melalui program Kesga (Kesehatan keluarga) dan juga Promkes (Promosi kesehatan) bekerja sama dengan PKBI Jawa Timur menggagas sebuah kegiatan yang dulunya bernama pembentukan Youth forum Jawa Timur, dan saat ini sudah berubah menjadi pembentukan Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur adalah salah satu proses kegiatan di dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ini. Duta kesehatan ini juga nantinya bukan hanya menjadi sebuah Icon di kota/kabupaten masing-masing, melainkan akan menjadi sebuah PE (peer Educater) dan PC (Peer Counselor) terkait dengan isu HKSR (Hak kesehatan Seksual dan reproduksi) di kota/kabupaten asalnya tersebut.
Dalam hal Ini PKBI Jawa Timur melalui salah satu programnya yang fokus terhadap isu Anak & Remaja (SeBAYA PKBI Jatim) menjadikan proses ini sebagai salah satu bentuk advokasi untuk terciptanya pendidikan kesehatan reproduksi dan seksual pada remaja secara komperhensif di Jawa Timur. Tentunya dalam proses ini PKBI Jawa Timur pun juga melibatkan beberapa program lainnya seperti program penanggulana & pencegahan HIV&AIDS, program layanan dan konsultasi, dan juga program-program lainnya di PKBI Jawa Timur.

youth.jpg

SeBAYA sendiri sebagai salah satu program Remaja dan Anak di PKBI Jawa Timur yang menjadi lead dalam program kegiatan tersebut, juga mengkombinasikan antara peringatan Hari Remaja Sedunia yang jatuh di setiap tanggal 12 Agustus ini dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional. Salah satu harapan terbesar dan yang menjadi cita-cita dasar uatamanya adalah, Remaja juga perlu tahu dan berhak untuk menjadi bagian dalam proses pembangunan dan sebuah gerakan perubahan bersama tersebut.

Youth Leading Sustainabilty

15095072_1393234144027767_4138172819724695786_n
Tahun 2016 ini tema International Youth Day adalah Youth Leading Sustainability (keberlanjutan kepemimpinan anak muda), dimana salah satu harapannya adalah para Duta Kesehatan Remajua Jawa Timur nantinya tetap dan akan menjadi sebuah triger gerakan bersama untuk sebuah pembaharuan dan perubahan khususnya dalam isu kesehatan reproduksi dan seskual secara komperhensif.
Para Duta kesehatan terpilih pun juga di harapkan bisa menjadi salah satu tempat dan teman terbaik bagi para remaja bukan hanya sekolah saja tetapi para remaja marjinal yang sampai saat ini pun juga sering dan masih selalu mendapatkan sebuah stigma dan diskriminasi secara sosial , psikis dan Fisik.
Nah itu tadi adalah beberapa hal seru yang di sampaikan oleh kakak kakak dari SeBAYA PKBI Jatim terkait dengan sejarah dan perayaan kegiatan Hari Kesehatan Nasional yang di kombinasikan dengan kegiatan pemilihan Duta Kesehatan Remaja Jawa Timur.
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh 

Iqbal Tabrani Al Ikhlas (Kordinator Program SeBAYA PKBI Jatim)

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s