Information

Yuk Konsumsi Tablet Tambah Darah : Saatnya Remaja Putri Berkontribusi dalam Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI)

pil.jpg

Hai sobat remaja semua, kali ini kita akan membahas tentang apa sih itu Tablet Tambah Darah? Pasti sobat remaja masih banyak yang asing dengan istilah Tablet Tambah Darah ya….. chek it out guys!

Jadi Sob, Tablet Tablet Darah itu adalah vitamin untuk mencegah anemia.  Tahu enggak guys? Di dalam Tablet Tambah Darah terkandung yang namanya  Fero sulfat 200 mg atau setara 60 mg besi elemental dan 0,25 mg asam folat (Jordan, 2004).  Dan zat ini lah yang bisa mencegah anemia guys….Keren yaaa…by the way udah pada tau belum apa sih itu anemia? Anemia adalah keadaan  ketika tubuh mengalami kekuarang zat besi di dalam sel darah merahnya.

riauheadline_Pemko-Dumai-Bagikan-Tablet-Tambah-Darah-Demi-Tekan-Resiko-Anemia.jpg

Kenapa sih kita sebagai remaja, khususnya remaja putri dianjurkan untuk minum Tablet Tambah Darah guys? Yups betul….Remaja adalah proses perubahan dari masa anak-anak menuju masa dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik maupun psikis….Guy dalam menuju perubahan tersebut dibutuhkan banyak asupan nutrisi lho, salah satunya zat besi yang ada di Tablet Tambah Darah.
Remaja Putri lebih rentan terkena anemia???? Kira-kira kenapa ya Guys? Yups…remaja putri memang lebih rentan terkena anemia karena proses menstruasi yang dialami setiap bulan. Taukah Guys setiap bulan remaja putri mengeluarkan darah 50-80 cc dan kehilangan zat besi sebesar 0-40 mg lho (Feriani, 2004). Nah inilah Guys yang menyebabkan remaja putri dianjurkan untuk minum Tablet Tambah Darah.
Bahaya enggak sih anemia untuk remaja putri??? Seorang remaja yang terkena anemia bisa mengalami 5L, apa itu 5L guys? 5 L adalah Lemah, Lesu, Letih, Lunglai, Lalai….Dan yang lebih  menyeramkan lagi guys anemia adalah salah satu penyebab Angka Kematian Ibu (AKI) di negara kita… Remaja putri yang sudah mengalami anemia pada masa remajanya, akan rentan terkena anemia sewaktu hamil guys…Dan inilah yang bisa menyebabkan komplikasi sewaktu melahirkan bahkan kematian….WOW!!! Serem ya guys….
Yups…sudah pada tahu kan pentingnya minum Tablet Tambah Darah untuk remaja putri dan hubungannya dengan Angka Kematian Ibu (AKI). So.…Jangan ragu lagi untuk mulai minum Tablet Tambah Darah ya Guys…Yuk Konsumsi Tablet Tambah Darah: Saatnya Remaja Putri Berkontribusi dalam Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI)!!!
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh: Faradina Nur Annisa, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga  Semester VII (Peserta Magang SeBAYA PKBI JATIM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s