Information

Kenali Dirimu Kenali Potensimu

cara-mudah-mengenal-diri-sendiri

Hai #SobatRemaja,, ketemu lagi nih dengan edisi yang berbeda,, Kali ini bahasannya adalah tentang meengenali diri dan potensi diri kamu.
Sudah kenal belom siapakah #SobatRemaja? Adalah pertanyaan besar untuk menetapkan keberadaanmu di dunia ini. Sudahkah #SobatRemaja mengenal dirimu, dan mampukah #SobatRemaja menerima dirimu lalu dengan sadar memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk mengembangkan potensi yang kamu miliki?
Mengenal diri sendiri adalah fondasi untuk mengembangkan diri. Yang dimaksud dengan mengenali diri sendiri adalah mengenali pola dirimu dalam merespon sebuah keadaan. Respon yang kamu berikan ketika terjadi atau mengalami sesuatu, dapat berupa pikiran yang muncul, perasaan yang hadir, perkataan, sikap atau perbuatan. Melalui beberapa bentuk respon tersebut, kamu mengenali, seperti apa dirimu sesungguhnya. Jika pada situasi-situasi tersebut responmu konsisten, maka itulah gambara dirimu yang sebenarnya.
Setelah kamu mengenal siapa dirimu sesungguhnya, bisakah kamu menerimanya dengan tulus? Karena menerima diri sendiri merupakan sebuah bentuk kebahagiaan. Menerima diri sendiri adalah sebuah persetujuan dengan dirimu sendiri dalam mengapresiasi, mengesahkan, menerima dan mendukung siapa kamu di setiap peristiwa, meski bagian-bagian yang kamu suka pada akhirnya kamu ubah sendiri.
Menerima diri sendiri berarti jujur terhadap diri sendiri tentang sampai dimana kekurangan dan kemampuanmu. Sebuah kejujuran sangat penting dimiliki oleh setiap orang agar terhidar dari penyakit-penyakit yang merugikan.
Potensi diri sejatinya adalah kelebihan dan anugerah yang Allah SWT berikan kepadamu sejak lahir. Setiap orang pasti memilikinya. Hanya saja, apakah kamu sudah berhasil mengenali potensi yang ada pada dirimu ataukah belum? Dengan mengenali potensi yang ada, akan membuatmu lebih mudah untuk mengelola dan mengembangkan potensi tersebut. Caranya adalah dengan mengenali beberapa hal yang sering kamu lakukan:
  • Apa yang sering kamu lakukan?
    Kamu tentu memiliki kebiasaan yang sering kamu lakukan, baik dalam keadaan lapang maupun sempit. Sesibuk apapun jadwal harianmu, namun jika kebiasaan itu sudah mendarah daging dalam dirimu maka kamu pun akan memperjuangkannya. Nah, disitulah kiranya kamu perlu menggali potensi yang kamu miliki. Tidak jarang potensi akan muncul dari sekedar kebiasaan.
  • Apa yang paling membuatmu begitu asyik?
    Sesuatu yang asyik sudah barang tentu tidak akan membosankan. Ini terjadi karena kamu melakukannya tidak dengan keterpaksaan atau perintah orang lain yang kamu kurang atau tidak berkenan. Bahkan kamu akan mengerjakannya berlama-lama. Seakan kamu merasa rugi atau eman-eman jika harus menyudahinya. Dari sesuatu yang asyik inilah kamu akan menemukan potensi yang terpendam. Pada awalnya, mungkin kamu tidak sadar, namun secara berkelanjutan kesadaranmu akan muncul dengan sendirinya.
  • Apa yang paling mudah dikerjakan?
    Ada kalanya kamu ingin mengerjakan sesuatu yang paling mudah, dan itu adalah pilihan. Dari sesuatu yang paling mudah dikerjakan itulah akhirnya kamu bisa menemukan potensi dalam dirimu. Dan itu akan membuat dirimu merasa lebih mudah untuk menjadi orang sukses. Cemerlang dimasa depan.
  • Apa yang selalu kamu impikan?
    Sebuah potensi terkadang muncul dari impian masa kecil yang menggerakkan alam bawah sadar untuk meraihnya. Oleh karena itu, kenali kembali impianmu dimasa kecil. Itulah yang akan menjadi motivasi kuat dan stimulasi munculnya potensi pada dirimu yang sebenarnya.
Nahhh setelah mengetahui cara mengenal diri #SobatRemaja dan potensinya. Yuks kenali diri kamu sejak sekarang agar bisa mengaktualisasikan diri kamu mulai sekarang,, Jangan pernah menyerah sekalipun kamu mengalami kesulitan. Karena dibalik kesulitan itu Tuhan akan membentangkan kemudahan. Yang akhirnya, kamu akan menjadi orang hebat dimasa depan.
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh: Miftakhul illiyah, Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Semester VII (Peserta Magang SeBAYA PKBI JATIM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s