Siaran Radio

Dari Fenomena Penjualan Anak, Kita Belajar…

stop-child-trafficking

Haii Sobat Remaja, menanggapi fenomena yang lagi happening banget di televisi, koran, dan semua social media mengenai penjualan anak di bawah umur maka kita mengangkat tema ini untuk siaran kali ini.
Kenapa sih kita mengangkat tema ini?
Karena banyaknya remaja di masa sekarang yang minim pengetahuan mengenai Hak Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi atau biasa kita singkat HKSR.
Apa sih HKSR itu?
HKSR atau Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi itu adalah semua hak yang kamu peroleh sejak dini terkait dengan seksualitas kamu dan alat reproduksi kamu sobat remaja.
Penting kah HKSR itu?
Penting banget. Dengan mendapatkan ilmu maupun pengetahuan mengenai HKSR, kita dapat menjadi pribadi yang lebih paham dan aware terhadap segala macam hal terkait dengan seksualitas dan juga paham mengenai fungsi dan tujuan alat reproduksi kamu sobat remaja.
Seksualitas itu apa ya?
Seksualitas adalah segala hal / tindakan yang kamu lakukan terkait dengan fisik kamu. Termasuk juga seperti berdandan, pakai gincu, memilih baju yang bagus, mencukur jenggot dan kumis, dan lain sebagainya..
Seksualitas sama seks sama kan?
Beda sobat remaja. Seks itu hanya kegiatannya saja mengenai hubungan fisik atau yang biasa kita sebut sebagai berhubungan badan, tapi seksualitas itu segala hal yang berkaitan dengan seksual atau kontak fisik, tidak melulu tentang berhubungan badan.
Kok bahasannya saru ya?
Sebenarnya kembali lagi ke masing-masing pribadinya sobat remaja. Beberapa fenomena di jaman sekarang menunjukkan bahwa banyak remaja (bahkan anak-anak) terlibat dengan kasus-kasus seksual seperti fenomena yang satu ini. Itulah mengapa sebaiknya pengetahuan dan pendidikan mengenai seksualitas maupun HKSR sedini mungkin adalah hal yang baik untuk diketahui.
Nah sobat remaja, itu tadi sekilas pertanyaan yang banyak muncul dan diajukan ketika kita dari SeBAYA PKBI membahas mengenai topik Fenomena Penjualan Anak di Bawah Umur ini kemarin Selasa, 5 September 2016.
Lalu apa sih yang harus kita lakukan untuk mengurangi atau terhindar dari situasi atau kejadian seperti itu? Kita sangat menyarankan sobat remaja untuk tidak lagi malu membahas apapun terkait seksualitas kamu. Mulai sekarang, sobat remaja kudu berani bertanya dan memberikan statemen terkait apapun itu, jangan hanya menjadi remaja yang pasif, tapi harus aktif dan asertif. Karena dengan berani bertanya kita menjadi tau pengertian yang sesungguhnya dan tau apa yang harus kita lakukan selanjutnya.
Beberapa hak kesehatan seksual dan reproduksi yang paling utama dibahas disini yaitu: Hak untuk Hidup, Hak atas kebebasan (informasi) mengenai kesehatan seksual, Hak atas kesetaraan seksual, hak untuk bebas dan bertanggung jawab terhadap pilihan reproduksinya, Hak untuk mendapatkan layanan kesehatan seksual dan reproduksi.
Sudah berapa hak yang kamu dapatkan nih Sobat Remaja?
Yuk share masalah kamu mengenai kesehatan seksual dan lainnya ke kita melalui social media SeBAYA PKBI supaya tidak menjadi terlibat dalam fenomena semacam ini, baik menjadi korban maupun menjadi pelaku. Social media kita ada: facebook, twitter, line, bbm, dan whatsapp. Search aja SeBAYA PKBI Jatim atau SeBAYA PKBI. Bisa juga via SMS langsung di 085606060466.
Jangan ragu sharing bareng kita ya Sobat Remaja.
Ditulis oleh: Satryo (Konselor SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

Materi siaran 6 September 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s