Siaran Radio

Pokemon GO

pokemon-go-logo

Hi Sobat Remaja,
Siapa sih yang belum tau apa itu Pokemon GO?
            Pokémon Go (ditulis sebagai Pokémon GO) adalah sebuah permainan augmented reality dalam telepon pintar yang dikembangkan oleh Niantic, sebuah perusahaan milik Google, yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Permainan ini pertama kali diluncurkan secara beta pada bulan Juli 2016. Hingga akhirnya resmi ada di playstore awal Agustus ini.
            Meskipun baru sebulan namun permainan ini telah heboh hingga ke seluruh penjuru dunia, tidak hanya di Amerika, tapi juga di Asia, dan banyak negara lainnya. Pada umumnya, Pokemon Go merupakan game gratis untuk Android dan iOS, mengizinkan pemainnya untuk menangkap Pokemon yang tersembunyi di berbagai lokasi dunia nyata. Di dalam game sendiri, pihak pengembang game menyediakan beberapa item yang bisa dibeli dengan uang nyata. Tujuan dari item berbayar (in app purchase), salah satunya adalah untuk mempercepat pengembangan Pokemon yang dimiliki pemain.
            Di Indonesia sendiri, khususnya di Surabaya. Telah banyak komunitas yang muncul saking asiknya permainan Pokemon Go ini. Salah satunya komunitas Pokemon GO Sby, yang dibentuk oleh Dany, 21, Sby. Awal dibentuknya komunitas ini hanyalah untuk saling sharing di Instagram soal tangkapan pokemon yang unik dan langka. Namun karena banyaknya penggemar yang yang mengikuti Instagram Pokemon GO Sby dan banyaknya request untuk dibikin grup chat maka dibentuklah grup di Line yang sekarang dibantu oleh Donny sebagai adminnya.
            Tujuan komunitas ini awalnya hanyalah bermain bersama karena “Bersama itu lebih seru” kata mereka. Namun karena banyaknya tuntutan dari teman-teman yang lain untuk sering diadakannya event maka komunitas ini akhirnya membuat event mingguan yakni setiap CFD di Taman Bungkul. Event yang mereka adakan pun berbeda-beda. Ada yang memungut sampah sambil main Pokemon GO, ada yang selfie unik dengan pokemon, ada juga sharing tips & trick sambil ngumpul.
            Berbicara mengenai Pokemon GO nih, kata mereka main pokemon itu ada banyak kelebihannya daripada kerugiannya loh sebenarnya.
            Kelebihannya  :
  1. Bisa dapet pacar (inii nihh yang utama banget. Hehehe..)
  2. Bisa nambah kenalan
  3. Memperluas jaringan
  4. Eksis di Surabaya
  5. Menghasilkan uang (dengan mengikuti lomba-lomba)
  6. Tempat pelarian (ehh lohh? Sepertinya ini bukan kelebihan sih)
          Kekurangannya     :
  1. Lupa waktu
  2. Lupa bersosialisasi (makanya dibentuk komunitas ini supaya kita tidak hanya main pokemon saja dan lupa bersosialisasi tapi juga main sambil berinteraksi sosial)
  3. Baterai HP cepat habis
          So buat kalian Sobat Remaja yang sudah ataupun belum main Pokemon GO, jangan lupa untuk selalu melakukan hal positif yaa meskipun sedang sibuk bermain Pokemon GO. Buat yang sudah main, ayok join sama komunitas ketceh mitra kita yang satu ini, biar main kamu makin asik. Caranya gampang, tinggal kontak kita via social media kita (instagram, line, path, whatsapp, bbm, facebook, etc) supaya kita bisa kasitau kamu cara buat gabung sama komunitas ketceh satu ini. Atau mau main langsung ke SeBAYA juga bisa.
          Buat yang belum main, dipertimbangin dengan baik ya kelebihan dan kekurangan bermain Pokemon GO ini sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun dan mendalami dunia Pokemon yang tidak ada habisnya ini. Hahaha…
          Selamat bermain dan jangan lupa selalu bertanggung jawab Sobat Remaja!
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

 

Ditulis oleh: Satryo (Konselor SeBAYA PKBI Jatim) & komunitas PokemonGOSby (mitra SeBAYA PKBI Jatim).

Referensi:

Materi siaran 23 Agustus 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s