Siaran Radio

Move On and Go On

keep-calm-and-back-to-school-20.png

Hmmmm, udah pada di sekolah baru nih yee #SobatRemaja semuanyaa???? Sudah jalan hampir satu bulan lebih nih yee??? Gimanaa sudah pada dapat sahabat baru kan pastinyaa…
           Haaaiiii #SobatRemaja, masih ingat kah waktu pertama kali kita memasuki sekolah baru dari SD ke SMP atau dari SMP ke SMA? Atau mungkin kamu sekarang lagi ngerasain itu? Pasti banyak tanya yang higgap di kepala kita, tentang tempat belajar baru, teman-teman baru, kakak kelas baru, guru baru, pembelajaran baru dan hal-hal lain yang serba baru. Disisi lain bagian kepala kita juga masih terisi penuh dengan kenangan-kenangan di sekolah sebelumnya, kebersamaan penuh canda tawa, guru yang sabar dan perhatian, ruang belajar yang nyaman dan semuanya itu membuat kita merindukan masa lalu ketika terus diingat.
            Padahal dulunya kita merasa susah menjalin pertemanan di SD atau SMP hingga akhirnya bisa sangat akrab dan saling mengisi. Nah, sekarang setelah memasuki pendidikan tingkat atasnya kita harus meinggalkan mereka dan memulai pertemanan baru. Rasanya pertemanan yang sudah kita bangun sia-sia belaka. Apakah #SobatRemaja ada yang berpikir begitu? Hayyyooo jangan lebay ya, di zaman yang serba maju ini banyak sekali media yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain tanpa harus bertemu langsung. Whast App, BBM dan Line misalnya bisa menjadi wadah bagi kita untuk saling sapa melalui Group Chat.
            Sembari tetap menjaga hubungan baik dengan teman-teman lama, sudah saatnya kita juga mulai membuka diri untuk teman-teman baru. Jangan mentang-mentang merasa sudah punya teman akhirnya kita cuek dengan yang baru. Terus gimana dong caranya, kita kan belum pernah kenal sama sekali, tidak tahu juga mereka baik atau jahat. Pertama-tama yang perlu #Sobat remaja sekalian tahu adalah, bahwa sebenarnya apa yang ada di pikiran kalian itu sama dengan mereka. Karena pada kenyataannya mereka mengalami hal yang serupa dengan kita. So, Don’t be affraid! Mulailah untuk menyapa dan memperkenalkan dirimu. Jadilah pribadi yang percaya diri, sehingga orang lain tidak enggan untuk berteman denganmu. Dapatkan teman sebanyak-banyaknya. Tentang bagaimana kalau ternyata diantara mereka ada yang jahat, #SobatRemaja tidak perlu khawatir karena nantinya kalian akan tahu mana yang jahat dan seleksi alam bakal berlaku.
            Selanjutnya gimana nih dengan guru baru, ruangan baru, dan pembelajaran yang baru. Nah, tentang semua itu #SobatRemaja juga harus berusaha menyesuaikan diri. Mulai melihat situasi dan kondisi di sekitar dan berpikir bagaimana sebaiknya kita bertindak. Penuhi diri kita dengan pikiran-pikiran positif, bahwa di sekolah yang baru ini kita akan menjadi lebih baik dengan segala hal baru yang terbawa dengannya. Ingat hidup kita nantinya nggak cuma di sekolah ini saja, banyak hal-hal baru lainnya yang menunggu setelah itu. Sikap menyesuaikan diri ini nantinya juga akan kita lakukan ketika sudah lulus dari sekolah. Jadi jangan pernah menyerah untuk melakukannya. Dengan begitu nantinya kita akan lebih mudah ketika bertemu dengan situasi dan orang-orang baru lagi.
           Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh: Nafis dan Tyas (Konselor dan Litbang SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

Materi siaran 26 Juli 2016, RRI Pro 2 FM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s