Siaran Radio

International Youth Day 2016

Tema Hari Pemuda Internasional 2016 adalah “The Road to 2030: Memberantas Kemiskinan dan Pencapaian Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan”.
IYD (International Youth Day) tahun ini adalah tentang mencapai Agenda Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030. Agenda ini berfokus pada peran utama orang-orang muda dalam memastikan pemberantasan kemiskinan dan mencapai pembangunan berkelanjutan melalui konsumsi dan produksi berkelanjutan.
Konsumsi berkelanjutan memerlukan penggunaan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakat tanpa merusak kebutuhan generasi mendatang, yaitu meningkatkan eko-efisiensi konsumsi dan meminimalkan limbah  polusi sangat penting untuk mencapai pembangunan sosial ekonomi yang adil.
Namun, banyak pria dan wanita muda menghadapi hambatan untuk pilihan konsumsi hijau tertentu. Hambatan mereka adalah untuk pilihan konsumsi yang berkelanjutan termasuk tingginya harga barang dan jasa dan kurangnya informasi tentang pilihan yang tersedia.
Meningkatkan efisiensi sumber daya dan bergerak menuju produksi berkelanjutan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan dasar semua orang, termasuk kaum muda, dengan membuat makanan, air dan energi lebih mudah diakses dan terjangkau bagi mereka yang hidup dalam ekonomi menengah ke bawah. Investasi dalam produksi berkelanjutan juga menciptakan pasar baru dan kesempatan kerja dan membantu memastikan inklusi sosial dari semua orang di masyarakat mereka di mana-mana.
Perubahan pola konsumsi juga memiliki potensi untuk berkontribusi pada pemberantasan kemiskinan. pembangunan berkelanjutan dan penciptaan kondisi yang memungkinkan untuk transisi ke ekonomi hijau, sering memberikan dorongan baru bagi pertumbuhan ekonomi dan proporsi yang lebih tinggi dari pengeluaran yang dialokasikan untuk pembangunan sosial; termasuk kesehatan dan pendidikan.
Dampak positif gabungan dari konsumsi dan produksi berkelanjutan pada penggunaan energi dan konservasi lingkungan akan sangat menguntungkan orang-orang dan tempat-tempat yang lebih rentan. Dengan berfokus pada dimensi pembangunan sosial dari konsumsi dan produksi berkelanjutan, tema tahun ini menekankan pada pendekatan lintas sektoral untuk keberlanjutan dan keterkaitan sosial, politik, ekonomi dan lingkungan yang luas yang dibutuhkan untuk mencapainya.
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh: Jefri & Imo (Divisi Media KIE dan Divisi Layanan SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

Materi siaran 9 Agustus 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s