Uncategorized

Front Man, Not Superman

Seorang pemimpin biasanya adalah seorang cowok, dan dia dinilai harus bisa menjadi apapun yang kita inginkan dan apapun yang kita harapkan. Tapi apakah harus selalu cowok? Dan apakah dia Superman? Yuk kita bahas.

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah, semua orang tau dan pastinya semua orang paham akan hal itu. Apa sih pemimpin itu?
Pemimpin (atau sering disebut sebagai penghulu, pemuka, pelopor, penggerak, pembina, panutan, ketua, kepala, penuntun, raja, dan sebagainya) adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan / kelebihan di suatu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
Apa aja sih tugas pemimpin itu?
  1. Bekerja dengan orang lain, bekerja sendiri aja capek apalagi harus bekerja dengan orang lain yang menggunakan banyak otak dan menyatukan semua pikiran mereka.
  2. Tanggung jawab dan mempertanggung jawabkan, meskipun bukan kesalahannya tapi tetap harus bertanggung jawab? WOW Kamu bisa?
  3. Forcing mediator, menjadi penengah dalam setiap permasalahan yang ada dan terjadi di dalam kelompoknya atau organisasinya adalah salah satu dari tugas pemimpin
  4. Politisi dan diplomat, seorang pemimpin juga harus bisa menjadi pembicara yang baik, mampu mengajak, dan mampu untuk melakukan kompromi, juga dapat menjadi perwakilan dari kelompoknya.
  5. Membuat keputusan!
Sudah siapkah kamu menjadi pemimpin? Hehe…
Selain itu seorang pemimpin juga harus memiliki beberapa kriteria tertentu loh, di antaranya: Pemimpin harus mempunyai visioner (visi ke depan dan misi yang harus dilakukan utk mewujudkan impian tsb), Sukses bersama (tidak hanya sukses sendiri, tapi juga harus sanggup membawa orang-orang yang mengikuti dia utk sukses bersama dia), Mau terus menerus belajar dan diajar, dan yang terakhir harus Mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan. Jika kamu memenuhi kriteria tersebut maka kamu dapat disebut sebagai Pemimpin Sejati.
Sudah siapkah kamu menjadi the next LEADER di lingkunganmu?
Ayo siapkan dirimu dari sekarang.
Dan jangan lupa untuk selalu selalu ingat bahwa mereka yang jadi pemimpin itu ga harus selalu cowok, dan mereka juga ga harus jadi superman. Mereka juga manusia biasa sama seperti kita. Mereka juga pasti punya salah dan itu hal yang wajar kok.
Ayok belajar untuk menjadi pemimpin tidak hanya di lingkunganmu atau organisasimu, tapi jadilah pemimpin juga di dalam setiap langkah kehidupanmu. Just be yourself, jangan banyak bicara dan banyaklah bertindak!
Ok Sobat Remaja?!
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh: Satryo & Tyas (Divisi Layanan & Divisi Media KIE SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

  1. Purwanto, M. Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga. Toha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers. Servant Leadership atau Kepemimpinan Hamba oleh Meme Mery, SE, Trainer di PT PHILLIPS, Inc. Jkt

  2. Materi siaran 2 Agustus 2016

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s