Uncategorized

Cantik itu… ???

13015164_1181237285227794_5979328161414309402_n

Apa sih definisi cantik itu menurut kalian?

Seksi? Tinggi? Putih? Langsing? Pakaiannya tipis-tipis? Atau rok pendek? Wah kayaknya sudah mulai salah nih persepsi kalian sobat remaja.
Seperti yang kalian tahu, cantik itu memang diawali dari fisik. Tapi apakah semuanya berasal dari fisik? Tentu tidak kan. Secantik apapun fisik kamu sobat remaja, tidak akan bisa bertahan lama jika kamu tidak bisa menjaga dirimu sendiri. Meskipun cantik, tetep harus pintar. Pintar pake make up misalnya.. Ehh??

Cantik itu menurut beberapa literatur yang kami baca, terbagi menjadi 3: Cantik secara fisik, kepintaran, dan perilaku. Meskipun cantik secara fisik, tapi kalau tidak memiliki kepintaran yang setara dengan kecantikannya kan sama aja zonk!
Begitu juga dengan cewek yang pintar tapi fisiknya ngga banget dan orangnya malas secara perilaku. Kan ilfeel jadinya.
Tapi ketika kamu memiliki kepintaran yang cukup tinggi dan perilaku yang bisa dibilang rajin, mau untuk belajar, dan keinginan untuk selalu berkembang, maka meskipun fisik kamu tidak secantik model catwalk atau model di majalah tapi setidaknya kamu nyambung untuk diajak ngobrol. Karena dengan obrolan langsung itulah akan tercipta baper. Eaaa…
Meskipun kamu tidak cantik, jangan menyerah sobat remaja. Kamu masih punya 1001 cara untuk menjadi cantik, salah satunya dengan kepintaran itu tadi, atau dengan attitude atau yang biasa kita sebut sebagai perilaku. Kalau kata kak Tyas sih, “Yang penting just Be Yourself aja!” gitu sobat remaja.
Fenomena yang sekarang sedang berkembang di masyarakat khususnya remaja Surabaya adalah banyak anak remaja yang berusaha terlihat cantik di foto aja nih!!
Tenang aja sobat remaja, “Cantik secara fisik memang yang pertama, tapi bukan yang utama!” Kata kak Satryo. Setuju gak?
Memang fisik adalah yang pertama dilihat, tapi ketika sudah berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu ngobrol secara langsung atau tahap interview maka akan kelihatan bagian dalamnya. Dari situ akan terlihat aslinya kamu sobat remaja.
Nah kamu lebih prefer cantik aja? Atau pinter aja? Atau rajin aja? Atau semuanya nih jangan-jangan. Atau mungkin kamu menemukan definisi lain yang bisa melambangkan cantik? Yang pasti apapun pilihanmu, kamu harus bertanggung jawab.
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh: Satryo & Tyas (Konselor & Team Riset SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

Materi siaran 19 April 2016, RRI Pro2 FM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s