Uncategorized

GAUL ITU ,,,,

selfconscious_v2_by_blindn

Gaul itu bukan persoalan masalah style kamu oke, kece, dan trendy saja. Atau gaul itu bukan hanya ketika kamu sudah dan pernah melakukan hal-hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan nanti, ataupun tidak juga harus kamu lakukan untuk bisa dikatakan dan akhirnya di nilai kalau kamu memang benar-benar anak gaul, anak masa kini, dan kalau kata orang jaman sekarang sih, anak yang kekinian bingitz gtu sih.

 PELAJARI, PAHAMI, DAN BERAKSI

b9usb9us

Akhir-akhir ini sering banget kita jumpai baik di media sosial secara online, cetak, ataupun media televisi sekalipun tidak jarang yang menyuguhkan beberapa informasi mengenai seputar anak muda yang hanya di tunjukkan dari satu sisi saja.  Melihat dan memahami tentu bukan perkara yang mudah, apalagi yang sering terjadi saat ini justru menjadi sebuah konsumsi serta rutinitas dari semua media yang baik secara online, offline hingga di beberapa headline surat kabar masa kini sekalipun itu.
Ngomongin tentang beberapa hal terkait anak muda itu bukan hanya sekedar berita buruk ataupun dengan sesuatu yang masih dengan penjelasan secara judgment saja, tetapi butuh sebuah pemahaman serta penelusuran yang benar-benar secara harfiah memang benar seperti itu adanya.
Kita sendiri sebagai anak muda juga lantas harus bisa bukan hanya sekedar melakukan lantas begitu saja melupakan. Tetapi sebagai anak muda yang bertanggung jawab, kita pun perlu menjawab serta memberikan sebuah kepastian jika memang menjadi anak muda yang gaul dan trendy masa kini itu, bisa di raih dan dilakukan dengan sesuatu yang sederhana, simpel, dan tentunya kerja keras pun bukan akhir jawaban, tetapi perlu adanya konsistensi dan juga apresiasi terhadap atas apa yang sudah kita raih saat ini.

CARA ASIK, UNIK, UNTUK GAUL

51AyjZFIXWL._SS500_

Menjadi seorang anak muda yang ingin bisa berbagi dengan apa yang sudah dan telah di capai sampai sejauh ini, bukan lantas melupakan tentang siapa diri kita serta bagaiamana proses saat dimana semua bisa kita gapai dan raih hingga saat ini. Muda mandiri dan merdeka itulah yang harusnya saat ini bisa kita lakukan dan berikan sebagai salah satu bukti nyata, jika menjadi seseorang dengan predikat gaul itu tidak hanya dengan sekedar kehidupan yang glamour dan hanya sesaat saja.
Kata gaul sendiri juga sangat identik dengan segala sesuatu yang pada nyatanya adalah sebuah proses yang sangat sesaat dan hanya sementara saja. Terlebih banyak orang yang mengatakan jika banyak anak gaul yang akhirnya justru menjadikan moment kebebasan tersebut sebagai jembatan untuk bisa melakukan segala sesuatu yang mereka inginkan tanpa perlu di pikirkan terlebih dahulu.
Hingga tahun 2013 berdasarkan dari data konseling yang dilakukan oleh SeBAYA PKBI Jawa Timur sendiri menyatakan Sumbangan kasus remaja terkait dengan beberapa masalah seperti halnya terkait tentang kesehatan seksual dan reproduksi pun juga terbilang tidak sedikit. Mulai dari kasus IMS (Infeksi Menular Seksual), KDP(Kekerasan dalam pacaran), HIV, dst. Untuk kasus HIV sendiri di tahun 2012 menyumbang 26,8% mendekati 30%. Sedang untuk kasus kekerasan, banyak remaja yang tidak menyadari ketika menjadi korban ataupun pelaku, karena hal ini dianggap terlalu biasa.
Dari gambaran di atas, jelas sudah jika masih banyak para kawula muda yang pada akhirnya melupakan dan justru menganggap hal tersebut tidak berarti apa-apa untuk mereka. Kepopularitasan adalah nilai mahal serta hal mutlak yang menjadi tujuan para kawula muda untuk menjadi dan bisa dikatakan sebagai anak muda yang gaul, trendy, dan anak masa kini serta kekinian.
Padahal jika memang kita ingin menjadi seorang anak muda yang gaul dan masa kini tidak lantas mengabaikan serta meleupakan apa yang harusnya bisa kita lakukan untuk menjadikan cita-cita sebagai seorang anak muda yang inspiratif serta inovatif itu tidak perlu dengan sesuatu yang mewah dan terkesan tak tentu arah, melainkan dengan kita bisa bertanggung jawab atas segala pilihan dan tujuan yang sudah kita tentukan. Itulah cara asyik, unik, dan akan bisa menjadikan gaul kita sebagai kawula muda semakin begitu sangat menarik.

PEACE, LOVE, UNITY, RESPECT

Banyak cara dan beberapa metoda yang bisa kita lakukan sebagai seorang anak muda untuk menjadi seorang yang muda, beda, dan berbahaya, tentunya berbahaya sebagai agent of change dan bukan sebagai yang hanya bisa dianggap serta di judge oleh banyak masyarakat adalah barisan yang terbuang dan begitu kelam.
Yakinlah dan percaya, jika kita Remaja sejatinya adalah sebuah kekuatan besar dan sangat di takuti oleh sebuah kebebasan yang tak tentu arah serta begitu sangat sementara tersebut. Seorang jiwa muda juga sangat tidak di inginkan menjadi seorang yang tidak memiliki visi misi untuk sebuah tujuan ke depan.
Kedamaian, cinta, dan kepedulian adalah salah satu dari sekian banyak cara yang mungkin bisa kita lakukan, agar gaul yang selama ini di anggap menjadi sesuatu yang bermakna negatif, bisa kita rubah dan buktikan jika kita kawula muda, yang bebas, penuh semangat ini adalah harapan baru untuk sebuah kemajuan bersama yang merdeka dan bersama.
Adapun beberapa cara serta hal seru lainnya yang bisa kita lakukan sebagai anak muda untuk bisa menjadi yang gaul, trendy, asik serta menarik, antara lain adalah :
  1. Selalu berfikir positif, responsif, dan juga memiliki sebuah inovasi serta visi misi yang lurus sejalan seirama dan bersama-sama.
  2. Tidak berusaha untuk menerima sebuah perubahan, tetapi justru menjadi orang pertama yang harusnya siap menatap segala apapun tantangan yang akan di depan nantinya.
  3. Berwawasan luas, luwes, tidak kaku, serta mau mendengarkan sebuah opini serta masukan yang nantinya juga akan membuat kita semakin kokoh dan terbuka untuk segala hal nya.
  4. Selalu mengedepankan tujuan dan bukan hanya keperluan semata untuk sebuah kebebasan serta kepuasaan yang bersifat semantara serta sementara tersebut.
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh : Imroatu Sholikhati Setyo ( Konselor SeBAYA PKBI Jatim)

Refrensi :

Materi siaran 26 Januari 2016
Modul 3 Perkembangan seksualitas Remaja, SeBAYA PKBI Jatim, 2016
Data konseling, SeBAYA PKBI Jatim, 2011-2013
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s