Uncategorized

TAHU GAK SIH KAMU ???

images (6)

Haii Sobat Remaja, Kali ini SeBAYA PKBI Jatim akan berbagi cerita mengenai beberapa hal terkait data dan fakta yang saat ini sedang dan masing sering terjadi, bukan hanya dekat dengan kita tetapi juga selalu hadir serta berada di sekitar kita semuanya. Yuk kita cari tahu apa sih data dan Fakta tersebut,,,

Data dan Fakta:

Kekerasan dalam Pacaran pada Remaja

Kepedulian dan kepercayaan merupakan dasar dari semua hubungan, termasuk pacaran. Namun, tahukah kamu kalau ternyata sepertiga remaja di dunia tidak menjalani hubungan pacaran yang sehat? Para remaja ini kebanyakan telah mengalami kekerasan dalam pacaran (dating violence)! Berikut data dan fakta yang berhasil Speak Up rangkum mengenai isu kekerasan dalam pacaran tersebut.

  1. Kekerasan dalam pacaran tidak hanya dialami oleh wanita atau remaja perempuan saja, remaja laki-laki pun bisa mengalami kekerasan dalam pacaran. Namun fakta menunjukan perempuan lebih banyak menjadi korban dibandingkan laki-laki. Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya kekerasan ini terjadi karena terdapat ketimpangan gender antara laki-laki dan perempuan (Heise,1994).
  2. Kualitas kesehatan perempuan menurun drastis akibat kekerasan yang dialaminya (WHO, 2002).
  3. Remaja memiliki resiko yang lebih besar untuk terlibat dalam kekerasan dalam hubungan pacaran dibandingkan dengan orang dewasa (Straus,2004).
  4. Sebanyak 21% remaja memiliki pacar yang membatasi mereka untuk bertemu dengan keluarga dan teman-teman mereka, 64% memiliki pacar yang cemburuan dan ingin tahu segalanya tentang pasangannya setiap waktu. (Rifka, 2009).
  5. Berdasarkan data “Catatan Tahunan tentang Kekerasan terhadap Perempuan tahun 2006” (CATAHU, 2006) yang dibuat oleh Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Kekerasan dalam Pacaran (KDP) sebanyak 635 kasus. Angka kasus aduan tersebut mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir (CATAHU, 2011) dan menduduki peringkat kedua pelaporan kekerasan terhadap wanita di Indonesia.
  6. Pada Januari-Juli 2012, sudah terjadi peristiwa 20 kasus anak bunuh diri.Penyebab bunuh diri terbanyak adalah urusan putus cinta remaja/kekerasan dalam pacaran (delapan kasus), frustasi akibat ekonomi (tujuh kasus), anak yang berasal dari keluarga yang tidak harmonis (empat kasus) dan masalah sekolah (satu kasus). (Komnas Anak, 2012).
  7. Berdasarkan survey yang dilakukan SeBAYA PKBI Jatim di SMA X Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 125 siswa, diketahui bahwa:
  8. Kekerasan ancaman dalam pacaran yang dialami remaja yaitu total sebanyak 30 kasus pada laki-laki dan 32 kasus bagi perempuan untuk 5 jenis kekerasan yang ditanyakan. Hasil kasus kekerasan ancaman terbanyak adalah ancaman mengakhiri hubungan yakni remaja laki-laki yang mengalami hal ini adalah 19 orang yakni sekitar 30,6% dari total 62 responden laki-laki. Sedangkan pada remaja perempuan yang mengalami hal ini adalah 15 orang atau sekitar 23,8% dari total responden remaja perempuan.
  9. Kekerasan verbal emosional dalam pacaran yang dialami remaja yaitu total sebanyak 206 kasus pada laki-laki dan 241 kasus pada perempuan dari total 9 jenis kekerasan verbal emosional yang ditanyakan. Hasil kasus terbanyak adalah over protective yakni remaja laki-laki yang mengalami hal ini adalah 38 orang atau sekitar  61,2% dari total  62 responden remaja laki-laki.Sedangkan pada remaja perempuan yang mengalami kekerasan verbal emosional over protective adalah 47 orang atau sekitar 74,6% dari total 63 responden remaja perempuan.
  10. Kekerasan fisik dalam pacaran yang dialami remaja yaitu total sebanyak 15 kasus pada laki-laki dan 10 kasus pada perempuan dari total 4 jenis kekerasan fisik yang ditanyakan.Pada remaja laki-laki hasil terbanyak adalah jenis kekerasan mendorong atau menggoncang-goncangkan tubuh pasangan sebanyak 8 orang yakni sekitar 12,9% dari total  62 responden remaja laki-laki.Sedangkan untuk remaja perempuan tindakan memiliki hasil paling banyak adalah tindakan menampar atau menjambak rambut sebanyak 4 orang yakni sekitar 6,3% dari total  63 responden remaja perempuan
  11. Kekerasan seksual dalam pacaran yang dialami remaja yaitu total sebanyak 29 kasus pada laki-laki dan 19 kasus pada perempuan dari total 3 jenis kekerasan seksual yang ditanyakan. Jenis kekerasan seksual yang terbanyak dialami adalah tindakan dicium oleh pasangan meskipun tidak diinginkan. Sebanyak 12 remaja laki-laki yang mengalami hal ini atau sekitar 19,3% dari total 62 responden remaja laki-laki.Sedangkan pada remaja putri yang mengalami hal ini adalah 12 orang yakni sekitar 19% dari total  63 responden remaja perempuan.
  12. Kekerasan relasi dalam pacaran yang dialami remaja yaitu total sebanyak 23 kasus pada laki-laki dan 19 kasus pada perempuan dari total 3 jenis kekerasan relasi yang ditanyakan.Jenis kekerasan yang paling banyak dialami adalah pacar yang membatasi waktu berkumpul dengan teman-temannya.Sebanyak 15 orang remaja laki-laki atau sekitar 24,1% dari total  62 responden remaja laki-laki. Pada remaja perempuan tindakan membatasi waktu berkumpul dengan teman-temannya adalah 16 orang atau sekitar 25,3% dari total  63 responden remaja perempuan.
Nah itu tadi adalah beberapa data dan fakta yang berhasil di rangkum oleh  tim riset SeBAYA PKBI Jatim selama beberapa pekan yang lalu. Yuk ini semua bukan hanya menjadi tanggung jawab satu pihak aja lho, tetapi ini adalah tugas serta tanggung jawab kita bersama-sama.
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.
By : Admin SeBAYA PKBI Jatim
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s