Uncategorized

MenstruasiKu Terlambat?? Jangan-Jangan???

unduhan (1)

Sobat remaja ada gak yang menstruasinya gak teratur? Atau yang biasanya menstruasinya teratur jadi gak teratur? Pasti dalam hati banyak pertanyaan yang timbul, perasaan takut, bingung, cemas campur aduk jadi satu “ada apa ya sama aku???? Apa jangan-jangan aku…….?????? Kekhawatiran itu wajar bila kita belum tahu informasi yang benar. Sering terjadi, kita langsung cari info yang berkaitan dengan masalah kita, cari teman curhat dan pelampiasan. Heeeeeheheehe…

Siklus menstruasi merupakan peristiwa alamiah yang normal pada wanita. Idealnya, siklus menstruasi teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode menstruasi. Namun, terkadang ada gangguan pada pola menstruasi. Gangguan menstruasi merupakan masalah yang sering ditemukan pada remaja. Apabila tidak ditangani, gangguan menstruasi dapat mempengaruhi kualitas hidup dan aktivitas sehari-hari.
Nah, tanda remaja putri telah pubertas yaitu terjadi menstruasi. Menstruasi biasanya dimulai sekitar umur 10-16 tahun tergantung kesehatan wanita, konsumsi gizi dan status gizi. Contoh, status gizi memiliki potensi menimbulkan gangguan pada kesehatan reproduksi remaja putri. Obesitas yang berlanjut sampai dewasa akan mengakibatkan kematangan seksual lebih awal dan ketidakteraturan siklus menstruasi. Sedangkan kekurangan nutrisi akan mengakibatkan penurunan fungsi reproduksi.
Remaja putri beresiko lebih tinggi mengalami anemia dari pada remaja putra karena remaja putri mengalami menstruasi. Siklus menstruasi yang tidak teratur sangat banyak memungkinkan kehilangan zat besi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan remaja yang memiliki pola menstruasi teratur.

images (3)

TANDA MENSTRUASI TIDAK TERATUR, YANG PERLU KAMU TAHU

  1. Jika usia sudah mencapai 16 tahun tapi belum juga mengalami menstruasi pertama.
  2. Periode menstruasi kamu yang biasanya ada, tiba-tiba berhenti, padahal tidak hamil.
  3. Pendarahan menstruasi berlangsung terlalu lama, hingga lebih dari 7 hari.
  4. Pendarahan menstruasi sangat banyak hingga kamu harus mengganti pembalut setiap 1 hingga 2 jam sekali.
  5. Ada pendarahan yang terjadi di luar jadwal menstruasi biasanya.
  6. Mengalami kram berat secara mendadak yang tidak seperti biasanya.
  7. Tidak mengalami periode menstruasi selama tiga bulan berturut-turut atau lebih, padahal kamu belum memasuki masa perimenopause.
  8. Tidak mengalami periode menstruasi sama sekali padahal kamu masih berada di tahun-tahun reproduksi dan belum menopause.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENSTRUASI TIDAK TERATUR

  1. Sakit
    Sakit yang diderita dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat haid telat datang. Biasanya hal seperti ini bersifat sementara, setelah sakit sembuh maka datang bulan akan normal kembali.
  2. Kegemukan
    Terlalu gemuk menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasi atau bahkan menghentikannya secara total. Kebanyakan wanita kembali mengalami siklus menstruasi yang normal setelah berat badannya turun.
  3. Perubahan pola hidup
    Perubahan jadwal hidup akan mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Hal ini umumnya terjadi pada karyawan yang sering mengalami perpindahan jam kerja siang ke malam dan sebaliknya. Faktor ini menyebabkan tamu bulanan menjadi tidak teratur atau telat datang setiap bulan.
  4. Gizi
  5. Terlalu kurus
    Kebalikan dengan kegemukan, terlalu kurus juga menyebabkan seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur dan juga dapat menyebabkan haid berhenti sama sekali.
  6. Konsumsi Obat
    Mengkonsumsi obat baru atau sedang dalam pengobatan akan mempengaruhi siklus bulanan wanita. Contoh obat yang dapat memperlambat haid datang adalah obat sakit telinga dan obat gatal-gatal.
  7. Stress
    Stressakan mempengaruhi banyak hal dalam hidup termasuk siklus menstruasi. Ketika sedang dalam tekanan, tubuh akan mengurangi produksi hormon GnRH yang menyebabkan tubuh wanita tidak berovulasi atau tidak haid. Setelah masalah selesai atau mendapat bantuan dari dokter, haid umumnya bisa normal kembali.
  8. Ketidakseimbangan hormon
    Hormon memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. Jika terjadi ketidakseimbangan, wanita pun cenderung terlambat atau bahkan terlalu cepat mengalami datang bulan.
  9. Olahraga terlalu aktif
    Wanita yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga terlalu berat biasanya juga bermasalah dengan siklus menstruasinya. Tubuh yang kelelahan, stres, dan tenaga yang terkuras habis membuat menstruasi datang terlambat.
  10. Rokok, Alkohol, dan Kafein
  11. Diet Berlebihan
Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.
By : Lilik & Nuril (Tim Riset SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi :

Adnyani, Nkw. 2012. Hubungan Status Gizi Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri Kelas X Di SMA PGRI 4 Denpasar. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Liza, Nur Dkk. 2014. Pola Menstruasi Tidak Teratur Dan Kurang Energy Kronik Meningkatkan Risiko Anemia Remaja Putri. Jurnal Teknologi Kesehatan, Volume 10, Nomor 1, Hlm. 8-11. Poltekes Kemenkes Yogyakarta.
Pratiwi, Ayudhia. 2011. Hubungan Status Gizi Dengan Keteraturan Siklus Menstruasi Siswi Sma Negeri 1 Mojolaban. Karya Tulis Ilmiah. Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
http://smartdetoxeasy.com/13-faktor-penyebab-menstruasi-atau-haid-tidak-teratur/
http://wolipop.detik.com/read/2014/09/08/182837/2684645/1135/6-penyebab-utama-haid-tidak-teratur

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s