Uncategorized

Hidup Yang Hebat : Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.

Tut-Wuri-Handayani

 

Hebat Itu Adalah Seperti ???

Hebat itu bukanlah sesuatu yang harus dan memang selalu di jadikan acuan sebagai sebuah kekuasaan dalam proses perjalanan kehidupan. Hebat juga bukanlah sifat yang dengan setiap saat kita jadikan kekuatan untuk melakukan segala kegiatan tanpa perlu adanya sebuah pembelajaran. Karena hebat sesungguhnya adalah sebuah rasa dan perasaan dari kita masing-masing yang datang secara tepat dan tidak ada lagi segala sesuatu yang perlu kita umpatkan atau kita sembunyi-sembunyikan.
Dan kali ini SeBAYA PKBI Jatim akan berbagi cerita dan pengalaman mengenai seperti apa sih Hebat itu ?? Hebat yang tidak berlebihan serta bukan hanya sebagai ajang saling meyalahkan saja ketika sedang ada sebuah permasalahan dalam kehidupan kita saat ini.

Pesan Moral dari bapak pendidikan kita. 

Ki Hajar Dewantara adalah salah tokoh Nasional sekaligus seorang pejuang pada masa sebelum kemerdekaan RI di proklamasikan pada tahun 19945 silam. Beliau juga telah memberikan sebuah peninggalan sejarah serta pengaruh besar bagi bangsa kita Indoensia ini. Salah satu yang hingga saat ini masih bisa kita rasakan dan selalu kita jumpai adalah terkait dengan 3 pilar semboyan kehidupan yang juga merupakan acauan sebuah pendidikan itu bisa dikatakan keberhasilannya.
Tut Wuri  Handayani, adalah sebuah penggalan dari salah satu pilar yang di cetuskan oleh seorang Ki Hajar Dewantara. Makna dari filosofi tersebut adalah ” Mendorong dan memberikan Motivasi”. Tetapi pada kenyataannya dalam kehidupan saat sekarang ini, ternyata tidak sejalan dengan pesan yang telah di sampaikan oleh seorang pendahulu kita tersebut. Banyak masyarakat yang hanya mengambil dan mempelajarinya sebatas dari Tut Wuri Handayani saja, kalau kita lihat memang begitu sangat miris sekali, tapi inilah yang saat ini menjadi fenomena yang sedang terjadi di negera kita Indonesia.
Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani, begitulah  makna 3 pilar semboyan kehidupan yang harusnya bisa kita pelajari dengan benar, bukan hanya memaknai dari penggalan satu kalimat saja. Karena jika kita hanya bisa  memaknai salah satu dari 3 pilar tersebut, maka jangan pernah saling menyalahkan satu sama lainnya ketika kita sedang di hadapkan dengan sebuah permasalahaan dan juga tantangan dalam apapun itu hal nya, semua tidak bisa berjalan serta beproses dengan semestinya yang ingin kita harapkan secara bersama-sama.
Di depan kita harus bisa menjadi suri tauladan, di tengah selain menjadi suri tauladan kita juga harusnya mampu  melakukan adaptasi yang begitu cepat dengan segala kondisi yang ada serta melakukan sebuah inovasi yang menarik. Lalu yang di belakang adalah sebuah peranan penting tetapi terkadang di anggap menjadi sangat kecil dan tidak berarti apa-apa, karena dorongan serta support dari posisi inilah yang akhirnya bisa membuat semua hal tersebut menjadi selaras, seimbang dan imajiner satu kesatuan seperti hal-nya makna dalam sila ke 3, “Persatuan dan Kesatuan Indonesia”.

Hebat Dalam Berkarya dan Beragam Untuk Merdeka .

Situs Jejaring Sosial Terbaru dan Terpopuler di Indonesia

Sudah Bukan saatnya lagi untuk kita saling salah dan menyalahkan jika pada suatu ketika sedang di hadapkan dalam sebuah problematika hidup yang begitu pelik kita rasakan. Memang begitu susah untuk kita bersama-sama menurunkan serta membuat ego kita menjadi tidak berlebih. Tetapi mau tidak mau, suka tidak suka, itu adalah tantangan yang bersama-sama pula harus kita lawan untuk sebuah persatuan dan kesatuan yang benar adanya.
Bersama itu bukan dan harus selalu sama adanya, mendayung perahu pun juga tidak bisa dilakukan secara bersama-sama tetapi jika dilakukan bergantian bisa jauh lebih membuat semakin cepat, kenapa masih dan selalu saja kita melihat hal tersebut hanya menjadi sebuah jawaban yang sangat tidak pernah kita pikirkan sama sekali.
Dari banyak sumber yang menyebutkan, angka kasus HIV & AIDS, AKI/AKB (Angka Kematian Ibu & Bayi), dan Aborsi  serta beberapa isu lainnya hingga 2015 ini, usia Remaja masih menjadi sorotan dan juga sebuah pekerjaan rumah yang tentunya bukan hanya milik pemerintahan saja. Selain peran LSM (Lembaga Swadaya Masyrakat) yang memiliki fokus isu untuk hal tersebut, masyarakat juga memiliki peranan yang begitu tidak kalah penting serta sangat menjadi sebuah kekuatan tersembunyi yang banyak orang pun cenderung tidak mengetahui serta masih tetap dengan saling menyalahkan saja.
Komitmen adalah sebuah kesepakatan bersama-sama yang secara nyata harusnya bisa dilakukan serta di jalankan dengan dan sesuai yang sudah di sepakati bersama-sama. Tidak lagi saling menyalahkan serta lebih memiliki keterbukaan wawasan seperti halnya tidak menganggap apapun hal baik secara informasi dan komunikasi yang dengan tema Seksualitas, itu adalah bagian dari pornografi saja dan terlebih menganggap adalah hal yang menyimpang. Karena pada dasarnya pendidikan kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual yang komperhensif di dalamnya tidak membahas melulu hanya soal seks saja, tetapi mengenai Life Skill Education  juga menjadi pembahasan pokok serta utama di dalamnya.
Dan pada dasarnya Masyarakat (Keluarga) adalah sebagai suri tauladan yang harusnya memiliki peranan penting dalam membangun serta menguatkan dengan segala hal wawasan yang lebih terbuka dan tidak di tutupi apapun itu halnya. Dan sebagai sebuah LSM yang memang sudah begitu expert  dengan banyak hal isu apapun itu, selain bisa menjadi suri tauladan juga, teman-teman LSM juga sangat di harapkan untuk lebih bisa Easy Going dalam memandang serta menyikapi berbagai hal yang ada di masyarakat, dan terus melakukan sebuah inovasi yang menarik dan unik agar menjadi semakin lebih baik. Serta yang terakhir adalah sebagai seorang yang memiliki kewenangan dalam pengambilan keputusan serta pemberi sebuah kebijakan, pemerintah juga harus lebih memberikan support serta motivasi yang dalam hal ini bukan hanya sebatas materi. Komitmen bersama-sama dan juga kesungguhan hati adalah hal utama dalam melakukan sebuah support system yang ada, agar semua berjalan selaras, seimbang, dan imajiner lurus sesuai denga poros yang sebenarnya.
NaH, Segitu dulu deh informasi mengenai makna hidup yang hebat : Ing Ngarso sun tulodo, Ing madyo mbangun karso, Tut wuri handayani. Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.
Itas  ( CO. Remaja Komunitas. SeBAYA PKBI Jatim )

 

Advertisements

One thought on “Hidup Yang Hebat : Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s