Uncategorized

Keputihan ??? Apa Sih Itu ???

 

Sobat Remaja pernah dengar gak soal keputihan. Atau justru para Sobat Remaja perempuan sudah pernah ada yang mengalaminya, Tapi malah tidak mengetahui apa itu Keputihan dan seperti apa ish dampak jika kita mengalami keputihan tersebut. Dan emangnya apa sih itu keputihan? Daripada bingung, Temen-temen SeBAYA PKBI Jatim mau kasih panduan singkat padat jelas banget soal apa itu keputihan. Biar Sobat Remaja semuanya juga bisa memahami serta mengerti tentang keputihan.

Keputihan adalah istilah yang sering dipakai untuk menjelaskan adanya cairan yang keluar dari vagina. Keputihan sendiri adalah salah satu jenis masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita. Masalah keputihan bisa terjadi pada wanita berbagai usia, remaja, dewasa, dan juga pada wanita hamil.

Walaupun keputihan adalah masalah yang sering terjadi, namun tidak sedikit wanita yang belum memahami apa itu pengertian dari keputihan, penyebab keputihan, jenis keputihan, serta cara pencegahan keputihan yang bisa dilakukan. Alasan mengapa wanita harus memahami betul seluk beluk masalah keputihan adalah karena keputihan sering kali menjadi tanda dan gejala berbagai jenis penyakit pada wanita, salah satunya adalah gejala kanker serviks atau kanker leher rahim.

Selain itu, keputihan yang tidak ditangani dengan baik juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan reproduksi wanita, bahkan membuat wanita sulit hamil. Lebih parahnya lagi, keputihan yang terjadi terus-menerus dan dibiarkan tanpa ada langkah pengobatan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pada artikel tips kesehatan kali ini, akan dibahas lengkap mengenai masalah keputihan pada wanita.

JENIS-JENIS KEPUTIHAN YANG SERING TERJADI

Secara medis, keputihan pada wanita dibagi menjadi 2 jenis. Jenis keputihan yang pertama adalah keputihan fisiologis. Jenis keputihan Fisiologis secara umum banyak terjadi pada wanita yang berada pada masa subur. Selain itu keputihan fisiologis juga banyak terjadi pada wanita yang akan mengalami menstruasi, dan setelah menstruasi selesai.

Terjadinya keputihan fisiologis pada wanita saat masa subur dan masa menstruasi dikarenakan pada waktu tersebut pada kemaluan wanita terdapat banyak lendir. Namun yang perlu diingat terkait dengan jenis keputihan fisiologis ini, bahwa jenis keputihan ini biasanya tidak menyebabkan rasa gatal pada kemaluan, dan juga tidak menimbulkan bau. Selain itu, keputihan fisiologis pada ibu hamil tidak akan mempengaruhi kondisi janin yang sedang dikandung.

Berikut ini adalah ciri-ciri keputihan fisiologis pada wanita :

  • Pada keputihan fisiologis cairan yang keluar bersifat encer
  • Cairan keputihan fisiologis berwarna bening
  • Keputihan fisiologis tidak menimbulkan bau
  • Keputihan jenis fisiologis tidak menyebabkan rasa gatal pada kemaluan
  • Cairan keputihan yang keluar hanya sedikit dan dalam batas normal

Jenis keputihan selanjutnya adalah keputihan patologis. Jika dibandingkan dengan jenis keputihan fisiologis, maka keputihan patologis ini bisa disebut sebagai keputihan tidak normal. Para wanita harus lebih waspada terhadap jenis keputihan yang satu ini.

Keputihan patologis ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan khususnya pada organ reproduksi dan kewanitaan. Jenis keputihan patologis yang tidak normal ini disebabkan karena adanya infeksi pada organ kewanitaan. Pada ibu hamil, keputihan patologis ini dapat berakibat buruk pada janin yang sedang dikandung, bahkan bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Oleh karena itu, jika anda mengalami keputihan patologis dengan ciri-ciri berikut ini, anda harus waspada dan sebisa mungkin segera berkonsultasi dengan dokter.

Berikut ini adalah ciri-ciri keputihan patologis pada wanita :

  • Ciri utama keputihan patologis adalah keluarnya cairan yang kental
  • Cairan keputihan yang keluar berwarna putih susu, terkadang juga berwarna kuning dan hijau
  • Keputihan patologis juga menyebabkan terjadinya rasa gatal pada kemaluan
  • Adanya bau tidak sedap pada cairan keputihan
  • Munculnya bercak-bercak keputihan yang terdapat pada celana dalam
  • Cairan keputihan yang keluar jumlahnya sangat banyak dan berlebih

 

5 HAL PENTING YANG PERLU KAMU TAHU DARI KEPUTIHAN 

keputihan fisiologis adalah jenis keputihan normal yang tidak menimbulkan bau dan rasa gatal serta tidak berbahaya

Selain penjelasan di atas, Sobat Remaja juga perlu mengetahui 5 hal penting yang wajib juga Sobat remaja ketahui secara komperhensif terkait informasi kesehatan terkait dengan masalah keputihan yang sering kali terjadi pada wanita. Berikut penjelasannya :

1. Sebenarnya Punya Fungsi Penting

Normal kok kalau vagina kamu mengeluarkan cairan. Cairan ini diproduksi oleh kelenjar-kelenjar dalam vagina dan serviks yang berfungsi untuk membersihkan vagina dari sel mati dan bakteri. Ini merupakan cara alami untuk mencegah infeksi dan membersihkan vagina.

Selain itu, biasanya cairan yang keluar dari vagina, dapat menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami masa subur yang terjadi pada saat pertengahan anatara mens yang sudah lewat dengan mens yang akan datang. Cairan yang keluar biasanya berwarna bening , tidak terlalu kental, tidak menimbulkan rasa gatal dan tidak berbau apa-apa.

2. Harusnya Enggak Apa-Apa

Kalau cairan yang keluar dari vagina kamu berwarna putih atau jernih, dan enggak berbau, harusnya enggak apa-apa. Itu fungsi alami dari tubuh untuk membersihkan vaginamu dari kotoran. Tapi, kalau kekentalan, bau, dan warnanya mulai berubah, baru ada masalah.

Kamu harus waspada kalau keputihan kamu mulai berbau tidak enak, jumlahnya lebih banyak dari biasa, ada gejala lain seperti gatal-gatal di luar vagina atau rasa sakit di pinggang, dan jika terjadi pendarahan dari vagina yang terjadi bukan pada saat mens

3. Penyebabnya Macam-Macam

Tergantung dari apa warna, kekentalan, dan bau cairan vagina yang keluar, kamu bisa tahu apa masalahnya. Perubahan ini bisa terjadi karena infeksi atau penyakit tertentu, karena kamu tidak menjaga kebersihan vaginamu, atau karena caramu membersihkan vagina salah.
4. Harusnya Hanya Terjadi Pada Perempuan Dewasa

Keputihan sangat jarang terjadi pada perempuan yang belum menstruasi, atau perempuan yang sudah tidak menstruasi alias menopause. Kalau kamu berada di luar usia subur dan mengalami keputihan yang tidak wajar, segera temui dokter, karena itu enggak normal.
5. Kalau Parah, Sebaiknya ke Dokter

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis oleh : Novi ( Divisi Media KIE SeBAYA PKBI Jatim )

Refrensi :
nhs.uk/conditions/vaginal-discharge/Pages/Introduction.aspx
webmd.com/women/guide/vaginal-discharge-whats-abnormal

Home

http://mencegahpenyakit.com/keputihan-pada-wanita-jenis-penyebab-dan-pencegahan/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s