Uncategorized

PUBERTAS ??? GIMANA SIH PROSESNYA ???

Sumber: kaltimpost.co.id

“Bagi remaja perempuan, pubertas ditandai dengan menstruasi, sedangkan bagi remaja laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Di luar itu, akan ada gejala-gejala lain seperti jatuh cinta, lebih memperhatikan penampilan, dan lain-lain.”

PROSES PUBERTAS ITU ???

Pubertas adalah masa peralihan dimana terjadi perubahan fisik, psikis, dan perkembangan fungsi seksual baik bagi remaja perempuan maupun laki-laki. Pubertas dimulai dari usia 8-10 tahun dan berakhir pada usia 13-15 tahun, tergantung kondisi masing-masing remaja. Bagi remaja perempuan, pubertas ditandai dengan menstruasi, sedangkan bagi remaja laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Di luar itu, akan ada gejala-gejala lain seperti jatuh cinta, lebih memperhatikan penampilan, dan lain-lain.

Saat pubertas terjadi perubahan hormon yang menyebabkan perubahan emosi bagi remaja, remaja bisa gampang marah, sedih, bahkan hingga bahagia yang berlebihan. Yap! Perubahan hormon inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

masa pekembangan

Peran Kelenjar Pituitary

Pada masa-masa remaja tersebut, kelenjar pituitary akan bekerja lebih aktif. Kelenjar pituitary sendiri menghasilkan dua macam hormon, yaitu hormon pertumbuhan dan hormin gonadotropik. Hormon pertumbuhan berfungsi untuk mempengaruhi ukuran tubuh, seperti tinggi badan dan berat badan. Sedangkan hormon gonadotropik meningkatkan fungsi gonad.

Peran Gonad

Gonad laki-laki adalah testis sedangkan gonad perempuan adalah ovarium. Dengan seiring meningkatnya fungsi gonad, hal ini akan merangsang perkembangan kelenjar gonad atau kelenjar seks menjadi lebih aktif. Ciri-ciri seks primer dan sekunder akan muncul dikarenakan perkembangan gonad tersebut, baik pada remaja laki-laki maupun remaja perempuan.

Interaksi Kelenjar Pituitary dan Gonad

Hormon yang dikeluarkan gonad tersebut akan bereaksi terhadap hormon pertumbuhan. Lambat laun produksi hormon pertumbuhan akan berkurang sehingga menyebabkan terhentinya proses pertumbuhan pada manusia. Gonad akan terus berproduksi seumur hidup dan akan menurun saat mendekati menopause bagi wanita dan climacteric bagi pria.

Nah itulah proses perjalanan dan seperti apa sih Pubertas itu terjadi. Yang pasti proses pubertas sendiri adalah sebuah proses yang memang sangat alamiah dan akan selalu di alami oleh siapapun itu remaja dan kapan pun waktunya itu, pastinya akan selalu tersimpan proses yang begitu sangat mengasyikan, tentunya juga kita perlu bertanggungjawab atas segala prosesnya tersebut.

Masih penasaran bukan dengan segala informasi dan juga hal seru lainnya seputar Dunia Remaja kamu serta terkait dengan isu kesehatan reproduksi dan seksual secara komperhensif, Sobat Remaja sekalian bisa langsung menyapa kami di  Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466. #WeCareWeShare    #KamuTidakSendirian.

 

Ditulis Oleh : Kontributor #GueTau.Com

Referensi :
http://kulpulan-materi.blogspot.co.id/2012/03/sebab-sebab-pubertas.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s