Uncategorized

KITA BERSAMA, BERSAMA-SAMA KITA BISA

 

“Sudah saatnya, kita sebagai remaja untuk berpartisipasi dalam gerakan perubahan, juga bersuara untuk membuat perubahan dan menjadi salah satu pelopor untuk suatu perubahan tersebut, tak terkecuali pada momen Hari Pahlawan, November 2015 ini .”

Aksi Nyata dari Sekarang! 

Berkembangnya teknologi memungkinkan luasnya pengetahuan remaja, termasukk tentang teknologi itu sendiri. Sayangnya, dengan begitu banyak yang dapat ia pelajari dan pahami dengan mudah, masih banyak remaja yang merasa dirinya belum mampu untuk melakukan sesuatu yang besar.

Pasti ada rasa malu, tidak percaya diri dan takut salah ketika memulai berpartisipasi.   Tapi jangan khawatir nie buat Sobat Remaja sekalian, perubahan dapat dimulai dari suara-suara dan kreativitas inovatif yang datang dari para remaja. Tak perlu rendah diri apabila dipandang sebelah mata, justru kamu harus tetap maju dan menunjukkan bahwa kemampuan kita begitu sangat dibutuhkan. Dengan cara tersebut, berarti kamu sudah bisa dibilang memperjuangkan perubahan. Sangat sayang jika kita membiarkan generasi muda berkualitas dibiarkan tidak memiliki ruang untuk kreatifitasnya. Belum lagi jika kita bicara soal ruang kreatifitas yang belum dapat dinikmati oleh semua remaja, khususnya bagi teman-teman yang marjinalkan.

Apabila Sobat Remaja sudah dapat memenuhi cita-cita kamu sendiri dengan memanfaatkan kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki, banyak hal besar yang bisa diubah secara tidak langsung, salah satunya adalah dengan terus memperjuangkan serta melakukan pemunuhan atas Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi yang Komperhensif untuk semua Remaja tanpa terkecuali. Lalu kira-kira  bagaimana sih  caranya?. Nah kali ini SeBAYA PKBI Jatim akan memberikan infonya buat Sobat Remaja sekalian.

12 Hak dan Tanggung Jawab Bersama ,,,

Berbicara tentang remaja, adalah sesuatu hal yang sangat menarik dan begitu banyak dinamika yang akan kita jumpai, tentunya juga bukan hanya problematika saja yang ada di dalamnya. Kisah inspiratif serta inovasi dan juga kreativitas dari banyak remaja, menjadikan dunia remaja bukan lagi sesuatu yang sangat tidak menarik, tetapi adalah sebuah masa dan proses yang akan sangat jika terlewatkan begitu saja.

Jika berbicara moment Hari Pahlawan, tentunya itu juga bukan milik para pejuang-pejuang yang memang sudah mendahului kita semua, tetapi juga milik kita bersama para pemuda yang kelak akan menjadi para penerus untuk melakukan perjuangan para pahlawan tersebut.

Salah satu dan yang memang harus kita pahami dengan seksama, adalah bentuk perjuangan kita sebagai anak muda dalam mempertahankan serta terus melakukan perjuangan tersebut. Sebagai Remaja yang memiliki daya juang tinggi terhadap proses mempertahankan kedaulatan bangsa, tentunya adalah dengan terus terlibat dalam hal melakukan pemenuhan  baik dari segi pendidikan dan juga kesehatan serta beberapa hal umum lainnya.

Berikut adalah 12 Hak kesehatan seksual dan reproduksi remaja, yang merupakan fokus isu kita sebagai anak muda dalam  momentum hari pahlawan. yang memang kita dengan bersama-sama harus dan terus melakukan pemenuhannya dengan komperhensif.

  1. Hak untuk hidup.
  2. Hak untuk mendapatkan mafaat dari ilmu pengetahuan terbaru.
  3. Hak atas pelayanan dan perlindungan kesehatan.
  4. Hak untuk memutuskan punya anak atau tidak.
  5. Hak atas kerahasian pribadi.
  6. Hak atas informasi dan pendidikan.
  7. Hak atas kesetaraan.
  8. Hak atas berpikir.
  9. Hak berkumpul dan berpartispasi dalam politik untuk kesehatan reproduksi.
  10. Hak untuk memilih bentuk keluarga.
  11. Hak untuk terbebas dari penganiyaan dan perlakuan buruk.
  12. Hak atas kebebasan keamanan.

Melalui kesadaran akan hak-hak tersebut, kamu bisa menggunakan kreatifitas dalam mensosialiasikan Hak Kesehatan Reproduksi dan Seksual Remaja dan kaitannya dengan isu populasi dunia. Ada 5 hal pokok dalam hak remaja, antara lain:

1.  Hak untuk menjadi diri sendiri.

2.  Hak untuk mendapatkan informasi yang komprehensif.

3.  Hak dilindingi dan melindungi.

4.  Hak untuk dilibatkan.

5.  Hak untuk mendapatkan layanan yang komprhensif.

 

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai seorang remaja dalam memaknai Hari Pahlawan 10 November 2015, dan hal tersebut bukan menjadi tanggung jawan remaja saja, tetapi semua pihak yang terkait di dalamnya juga menjadi kewajiban bersama-sama yang memang harus terus dan akan selalu dilakukan sebagai bentuk perjuangan kita terhadap bangsa dan negara .

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Itas  ( CO. Remaja Komunitas. SeBAYA PKBI Jatim )

Referensi: 

  1. http://www.bkkbn.go.id/ViewBerita.aspx?BeritaID=1668
  2. http://www.sesawi.net/2014/07/15/investing-in-young-people-in-indonesia/
  3. http://thepresidentpostindonesia.com/2014/07/14/memanfaatkan-peluang-dari-generasi-muda-di-indonesia/

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s