Uncategorized

SUDAHKAH KAMU BERKURBAN ????

download

MAKNA BERKURBAN ITU ,,,

Berkurban merupkan salah satu bagian dalam kehidupan kita yang memang harus kita lakukan. Banyak cara sih buat melakukan kurban itu, dan tidak harus menunggu seperti hal nya pada moment Idul adha yang pada umumnya.

Jika dalam ajaran agama islam, berkurban merupakan salah satu bagian dari rukun islam yang juga termasuk dalam Rukun Islam mengenai ibadah Haji, dimana hal tersebut mungkin memang bukan menjadi suatu kewajiban yang mutlak, karena memang dilakukan untuk mereka yang mampu. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan siapapun juga bisa dan boleh melakukan kurban tersebut. Karena dengan berkurban, setidaknya kita juga memberikan sedikit apa yang kita punya untuk bisa di nikmati oleh sesama dan tanpa ada perbedaan apapun itu, dan sejatinya kurban itu juga akan semakin meningkatkaan iman dan ketaqwaan kita sebagai seorang manusia yang sangat jauh dari kesempurnaan.

KISAH PENGORBANAN DAN MAKNA BERSERAH DIRI

qurban1

Tahu gak sih Sobat Remaja kalau melakukan kurban itu ternyata sudah dilakukan sejak di jaman dahulu kala. Dan kisah tersebut adalah kisah yang memang nyata adanya dan memang hingga saat ini menjadi tauladan bagi semua umat manusia yang ada di Dunia, kisah tersebut di kisahkan pada saat jaman Nabi Ibrahim As, seperti hal nya berikut ini:

Dikisahkan, Nabi Ibrahim as rutin berqurban binatang ternaknya, beliau berqurban seribu ekor kambing, tigaratus ekor sapi, dan seratus ekor unta. Masyarakat di sekitarnya begitu takjub dan berkata: “Wah Ibrahim hebat!”, Dengan tidak menunjukkan itikad sombong Nabi Ibrahim menjawab: “Hewan ternak ini biasa saja, seandainya aku dikaruniai putra, Ia akan aku Qurbankan.”

Atas izin Allah SWT, Nabi Ibrahim pun dikaruniai seorang putra bernamaIsma’il. Kehadiran putra yang didam-idamkan oleh beliau sehingga Ia lupa akan janjinya yang telah disebutkan diatas, Nabi Ibrahim pun ditegur oleh Allah dengan mimpi-mimpinya berulang kali yaitu untuk menyembelih putra tercintanya Isma’il as.

Sewaktu Nabi Ibrahim menyakini mimpi itu bersumber dari Allah SWT, Ia segera menyampaikan kepada putranya Isma’il as bahwa Allah SWT telah memerintahkannya untuk menyembelih Isma’il as. Jiwa kesalehan Isma’il pun diuji untuk berbakti kepada Rob-nya, Isma’il pun menurutinya. Tatkala pisau tajam yang dipersiapkan Nabi Ibrahim as akan menghunus leher Isma’il, Allah SWT melaui malaikat Jibril menggantikan Isma’il dengan seekor gibas. Gibas yang disembelih dan Isma’il selamat dari proses penyembelihan itu.

Nah dari proses tersebut makna yang terkandung dalam isi pesan tersebut adalah agar setiap Muslim jangan sampai terpenjara oleh kecintaan kepada dunia (harta dan kedudukan) secara berlebihan dan membawa dirinya lupa kepada hakikat dan tujuan hidupnya yang sejati yaitu memperoleh keridhoan Allah SWT.

MANFAAT BERKURBAN ITU ,,,

Nah Sobat remaja, ketika kita memang sudah berniat untuk melakukan kurban, lakukanlah hal tersebut dengan sepenuh hati dan benar-benar tulus adanya, karena bukan tidak mungkin dengan kita sudah ikhlas dalam melakukannya, akan ada pahala yang bisa kita juga jadikan untuk semakin beriman kepada allah swt.

Berikut beberapa hal dari manfaat kita melakukan kurban antara lain :

1. Memupuk rasa empati
Ini adalah salah satu dari 10 manfaat berkurban di hari Idul Adha. Berqurban adalah salah satu amalan kita yang dapat meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama. Apabila kita termasuk orang yang cukup dalam hal harta, hendaknya kita menyisihkan sebagian harta kita untuk berqurban dimana kemudian qurban tersebut dibagikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.

2. Melatih diri menjadi orang dermawan
Sikap dermawan merupakan sikap yang baik. Sehingga perlu ditumbuhkan dan dipelihara menjadi sebuah kepribadian. Oleh karenanya, sikap dermawan dapat dilatih dengan berqurban. Harta kita tidak akan habis jika digunakan di jalan Allah, bahkan Allah dapat menambahkannya berkali lipat.

3. Meningkatkan ketaqwaan pada Allah
Perintah untuk berqurban tercantum jelas dalam Al-Qur’an sebagai suatu amalan yang baik. Oleh karena itu, berqurban berarti melakukan apa yang diperintah-Nya sehingga meningkatkan keimanan kita dan menghindarkan diri dari nafsu.

4. Bekal pahala di hari akhir
Apabila kita melakukan qurban dengan ikhlas, semata-mata karena Allah. Maka amalan tersebut akan dicatat oleh malaikat sebagai amalan baik kita. Allah akan membalas kebaikan kita di hari akhir kelak.

5. Membangun solidaritas
Dalam proses qurban, kita akan melakukan penerimaan, penyembelihan, penimbangan, hingga pembagian ke warga. Semua kegiatan ini dilakukan oleh warga sekitar. Sehingga meningkatkan sosialisasi kita untuk saling tolong-menolong satu dengan yang lain. karena kegiatan ini tidak akan mungkin bisa dilakukan hanya untuk satu orang saja.

6. Keberkahan dalam rezeki
Rahasia berkah idul adha adalah menambah rezeki. Rezeki yang kita miliki hendaknya disisihkan sebagian untuk hal kebaikan. Bisa dengan sedekah, zakat, ataupun dengan berqurban ini. Harta kita akan menjadi berkah jika kita menggunakannya di jalan Allah.

7. Menghindarkan diri dari sikap tamak
Dalam melakukan amalan berqurban ini Allah memberikan beberapa syarat yang harus terpenuhi, seperti orang tersebut mampu untuk melakukannya. Banyak orang yang mampu tapi mereka tidak mau untuk berqurban. Namun, apabila kita mampu dan mau menjalankannya. Maka hal ini menunjukkan bahwa kita bukanlah orang yang berorientasi pada harta dunia.

8. Menjaga silarutahmi
Dalam kegiatan berqurban kita akan banyak menjumpai orang lain. Sosialisasi yang dilakukan akan menjaga silaturahmi. Kita akan saling bekerja sama dan berbagi kebahagiaan di idul Adha tersebut.

9. Memenuhi kebutuhan gizi kaum kecil
Manfaat dan keutamaan berkurban di hari idul adha ialah manfaat berikut. Daging mempunyai manfaat gizi yang cukup banyak untuk kesehatan kita. Namun, tidak semua kalangan dapat merasakan atau memakannya, mengingat harga daging yang cukup tinggi. Kalangan bawah sangat jarang untuk bisa memakan daging. Dari berqurban ini akan membagikan daging-daging kepada orang-orang yang membutuhkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi mereka.

10. Memakmurkan masjid
Sebagian besar kegiatan berqurban dilakukan dimasjid. Mulai dari sholat Idul Adha sampai proses penyembelihan yang dilakukan di sekitar masjid. Sehingga masjid akan ramai orang yang sedang melakukan amalan berqurban. Memakmurkan masjid adalah salah satu perintah Allah untuk umat muslim. Oleh karenya, dengan berqurban kita akan sekaligus memakmurkan rumah Allah tersebut.

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Itas  ( CO. Remaja Komunitas. SeBAYA PKBI Jatim )

Referensi:

http://www.kembar.pro/2014/09/makna-dan-hikmah-berqurban-di-idul-adha.html

http://www.harianterbit.com/hanterhikayat/read/2015/09/24/42422/39/39/Makna-dan-Manfaat-Berkurban-di-Hari-Raya-Idul-Adha

http://www.mutiarapublic.com/mutiara-hikmah/3-inti-pokok-makna-dalam-berkurban-idul-adha/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s