Uncategorized

TANTANGAN SAAT JADI REMAJA ITU ???

Dunia-Remaja-12

 

Jadi Remaja itu gampang gak sih ??? hmm banyak hal yang seru gak sih saat jadi remaja itu ??? atau malah banyak susahnya gtu saat jadi remaja ??? ada banyak tantangan dan pantangan gak sih saat jadi remaja itu ?? Nah yuk kita cari tahu di sini bareng dengan Sobat Remaja yang kecee dan seru abiz ini .

Siapa Sih Remaja 

Kalau bicara soal remaja, yang pasti gak akan ada habisnya buat kita obrolin mulai dari awal sampai akhir tentang siapa sih remaja itu. Secara teori Remaja itu adalah proses peralihan dari anak-anak menuju proses dewasa, dimana nantinya akan bertemu dengan proses yang biasa dikenal dengan nama “Pubertas” . Pubertas sendiri adalah merupakan bagian dari proses kita sebelum menuju masa dewasa, dimana pada masa tersebut biasa dibilang dengan masa Remaja.

Secara usia pun Remaja berada di kisaran usia antara 10-24, dengan pembagian sebagai berikut 10-15 remaja awal,  15-20 Remaja Pertengahan, 20-24 Remaja Akhir. Dan di setiap proses perjalanan dari perkembangan remaja tersebut, akan mengalami beberapa perubahan seperti perubahan secara psikis, Fisik, dan sosial emosional. Yang paling terpenting dan harus kita ketahui lebih dalam adalah remaja itu punya banyak macam karakteristik yang berbeda dari satu sama lainnya, dan yang pasti Remaja itu adalah spesial dari pada yang lainnya.

Apa Saja Sih Tantangannya Saat Jadi Remaja Itu

jerawat galaustock-vector-teenager-boy-with-acne-81922303

Menjadi anak muda memang nggak selamanya seru dan menyenangkan. Ada saja masalah yang kita hadapi di kehidupan sehari-hari. Tapi, kadang kita nggak menganggap serius beberapa masalah anak muda ini, malah ada yang dianggap cuma hasil ‘kenakalan remaja’ saja. Padahal, nggak sesederhana itu, kan?

Nah menurut SeBAYA PKBI Jatim ada beberapa masalah anak muda di Indonesia saat ini yang harusnya lebih serius kita perhatikan. Berikut empat di antaranya :

1. Anoreksia
Ada yang pernah dengar soal gangguan ini? Anoreksia Nervosa, atau biasa disebut anoreksia, adalah Anoreksia berarti tidak nafsu makan, dan nervosa berhubungan dengan cemas. Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai oleh penolakan makanan yang mengakibatkan berat badan berkurang sampa ke tingkat yang membahayakan.

Ciri-ciri dari penderita anoreksia nervosa adalah berat badan berkurang minimal 15% dari berat badan sebelumnya, takut akan kegemukan (obesitas),  siklus mentruasi berhenti,  menyangkal bahwa dirinya sakit, dan tampak sehat (Deni dan Lestari,2008)

2. Bulemia

Sama hal nya dengan gejala Anoreksia, bulemia juga merupakan salah satu fenomena dan juga tantangan yang akan di hadapi ketika memasuki dalam fase Remaja. Bulemia sendiri merupakan penyakit gangguan pencernaan yang umumnya ditemukan pada gadis remaja atau wanita dewasa muda.

Bulimia diidentikkan dengan peristiwa makan yang sangat banyak terutama makanan yang mengandung karbohidrat dan dihabiskan dalam jangka waktu yang singkat, tetapi untuk mencegah kegemukan maka setalah makan ada tahap untuk mengeluarkan makanan dan terjadilah muntah. Tidak seperti penderita anoreksia yang terlihat kurus, penderita bulimia memiliki berat badan normal bahkan di atasnya sehingga cukup sulit untuk menentukan penderita bulimia (Sidenfield dan Ricket,2001).

3. Depresi & Bunuh Diri
Kalau menurut Indeks Kebahagiaan Indonesia 2013 yang dibuat oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia terhitung negara yang lumayan bahagia. Tapi, ada temuan yang ngeri juga. Pada saat bersamaan, riset mereka nunjukkin kalau ternyata bunuh diri jadi satu dari tiga penyebab utama kematian pada kelompok umur 15-44 tahun, dan penyebab utama kematian nomor 2 di kelompok 10-24 tahun.

Bunuh diri emang sering dikaitin sama naiknya angka gangguan jiwa seperti depresi. Dan fakta kalau bunuh diri jadi salah satu penyebab utama kematian di anak muda bikin SobatASK lumayan merinding, nih.

Sumber foto: Into The Light Indonesia

4. Bullying
Wah, ini sih masalah klasik. Bullying, termasuk tindak perpeloncoan terhadap adik kelas, anak baru, dan mahasiswa baru memang sudah mengakar banget di Indonesia. Mulai dari karena beda status sosial, karena dia anak baru, sampai karena dia melambai atau tomboy dikit, kayaknya sudah jadi makanan sehari-hari buat kita.

Sumber foto: Gerakan Anti-bullying Sudah Dong (sudahdong.com)

Padahal, emang apa manfaatnya? Selain merendahkan harga diri korbannya, buang-buang waktu, praktik seperti ini bahkan bisa menyakiti dan memakan korban jiwa, loh. Untungnya, tahun ini Kementerian Pendidikan sudah mengeluarkan surat edaran yang melarang perpeloncoan dan bullying di masa orientasi

5. HIV & AIDS
Tahu nggak, kalau 35,3 persen kasus AIDS di Indonesia terjadi pada anak muda berusia 15 sampai 24 tahun? Lumayan ngagetin, kan? Kurangnya akses ke pengetahuan yang benar, akses pada kontrasepsi, dan klinik untuk memeriksa kesehatan emang bisa bikin kamu ‘kesandung’ dan kena HIV & AIDS atau infeksi menular seksual lainnya. Makanya, mending mulai dari sekarang kamu buka-buka ruang belajar SobatASK sama cek klinik di direktori layanan, deh.

Yang pasti 4 hal di atas adalah bagian kecil dari dinamika yang akan menjadi tantangan buat masa remaja kamu. Jadi Remaja itu gampang koq, seru lagi, banyak hal baru yang bisa kamu Explore. dan jadi Remaja itu adalah menjadi seseorang yang begitu sangat spesial serta penuh warna.

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Itas  ( CO. Remaja Komunitas. SeBAYA PKBI Jatim )

Referensi:

4 Masalah Anak Muda yang Sering Dianggap Remeh

Modul SeBAYA PKBI Jatim,  Perkembangan Psikologis Remaja, 2013.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s