Uncategorized

International Youth Day : For You and Made By You

images

Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus, Hari Pahlawan jatuh tanggal 10 November, Ada juga peringatan Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober, serta di setiap tanggal 23 Juli akan selalu di peringati Hari Anak Nasional. Lalu kenapa di setiap tanggal 12 Agustus ada yang namanya Hari Remaja internasional ??? Kira-kira sama gak sih Hari remaja dengan Peringatan Hai anak Nasional yang tepat selalu di peringati di 23 juli tersebut ??? Yuuk mari kita cari tahu bersama-sama ,,, 

Asal Usul Hari Remaja Internasional 12 Agustus ???

Tahu gak sih Sobat Remaja sekalian tentang asal usul dari adanya Peringatan Hari Remaja International yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus ini . Kenapa juga sih perlu ada yang namanya Hari Remaja itu kira-kira. Nah SeBAYA PKBI Jatim akan berbagi info serunya nie buat Sobat Remaja semuanya.

Nah jadi di tahun 1998 tepatnya pada tanggal 8-12 Agustus ada sebuah gagasan  mengenai pentingnya remaja memiliki satu hari khusus sebagai peringatan untuk merayakan secara bersama-sama terkait mengenai dunia remaja secara keseluruhaan dari berbagai penjuru dunia yang ada. Pada sidang Umum PBB juga merekomendasikan perlu adanya kegiatan pemberian informasi kepada masyarakat sehubungan dengan peringatan Hari Remaja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan remaja.

stock-vector-vector-illustration-of-international-youth-day-background-288845417

Di Indonesia sendiri, perayaan pertama kali hari remaja international di adakan di tahun 2000. Dan di setiap tahunnya perayaan International Youth Day ini akan punya tema-tema khusus, dimana tema tersebut juga tidak akan lepas dan yang pasti akan mengangkat seputar dunia remaja kesehatan, kemiskinan, hingga perubahan iklim secara keseluruhaan, serta tidak berdasarkan atas satu atau beberapa remaja saja tetapi secara keseluruhaan akan menjadi fokus dalam setiap tema yang ada. Tema ini dipilih oleh The United Nations Programme on Youth sebagai The Focal Point on Youth, dengan masukan dari berbagai organisasi anak muda dan anggota UN Inter-Agency Network in Youth development.

Perjalanan International Youth Day di Indonesia 

IYYofficial-logo unduhan (1)

Setiap Tahunnya, International Youth Day memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Setiap tema yang di buat pun juga akan menggambarkan serta ada sebuah harapan yang bisa di sampaikan untuk nantinya bisa dilakukan secara bersama-sama, sebagai proses advokasi dan juga menyebarluaskan terkait masing-masing informasi yang ada di setiap tema dari tahun ke tahun.

Tingginya jumlah populasi Remaja di Dunia, menjadi suatu bukti jika Remaja memiliki sebuah kekuatan serta keragaman budaya, bahasa, dan juga beragam pula identitas gender yang ada, membuat Remaja adalah sebuah kelompok yang memang memiliki keistimewaan yang begitu spesial dalam segala hal apapun itu.

Tetapi pada kenyataannya masih ada beberapa hal terkait tentang remaja yang tidak sepenuhnya bisa di berikan dan masih saja menjadi hal yang sangat begitu tabu ketika memang remajua tersebut ingin mengetahui lebih dalam tentang apa dan seperti apa seharusnya menjadi seorang Remaja itu.

imagesunduhan (2)

Oleh karena itu, dengan adanya International Youth Day atau yang biasa sudah sangat familiar ada di Indonesia dengan sebutan Hari Remaja  Sedunia ini, menjadi bagian dari media untuk seluruh remaja akhirnya bisa berkumpul melakukan aksi dengan berdialog, membuat kampanye terkait pesan kreatif dari semua elemen remaja yang ada dengan tujuan yang sama yaitu, melakukan perubahan dan menunjukkan jika kita sebagai Remaja bisa juga untuk tidak hanya sekedar berbicara saja, tetapi juga menjadi bagian dalam sebuah bentuk perubahan apapun itu adanya.

Let’s Go to International Youth Day 2015

unduhan (3)

Pada peringatan International Youth Day 2015 ini United Nations memiliki sebuah Tema yang Unik, seru dan yang pasti cukup meremaja sekali yaitu ” Youth Civic Engagement “ (keterlibatan remaja dalam  masyarakat). Pada peringatan international Youth Day tahun ini memilik tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan anak muda di masyarakat pada berbagai tingkatan, dan memastikan anak muda mendapatkan kesempatan untuk terlibat di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Di setiap daerah yang ada di Indonesia dan juga di seluruh dunia, memiliki banyak metode dalam melakukan dan juga mengaplikasikan bentuk  kegiatan tersebut. Yang pasti di setiap kegiatan International Youth Day tersebut, elemen Remaja menjadi sebuah hal yang begitu sangat penting untuk akhirnya bisa dilibatkan dimulai dari sejak awal perencanaan.

Made By You : For ” Youth Civic Engagement “

IMG_20150815_065614

Made By You (Semua Dari Kamu) adalah sebuah tema turunan dari International Youth Day 2015 yang memiliki arti tema Keterlibatan Remaja dalam masyarkat baik dalam segi ekonomi, sosial, budaya, dan juga segala hal terkaitb tentang perkembangan dalam peradaban yang ada .

Ide kreatif ini tercipta atas dasar keinginan dari perwakilan remaja yang ada di Jawa Timur, dimana yang begitu sudah sangat merindukan sesuatu yang Out Of The Box  untuk bisa diberikan dan dibagikan kepada semua remaja di seluruh dunia, sebagai salah satu bentuk partisipasi untuk kegiatan International Youth Day 2015. Dan hingga sejauh ini, kegiatan tersebut masih dalam proses pengerjaan karena memang nantinya kegiatan tersebut akan di mulai, di bentuk, dan akan di kerjakan oleh Remaja, Dari Remaja dan untuk Remaja. Dengan harapan akan ada keterwakilan dari semua remaja tanpa harus ada perbedaan RAS, SUKU, BAHASA dan juga perbedaan Identitas Gender apapun itu nantinya.

Nah itu adalah Gambaran dan juga bagaimana sejarah terkait adanya International youth Day atau sudah biasa dikenal dengan nama Hari remaja sedunia yang ada di dunia, khususnya juga bagaimana kegiatan tersebut dikenalkan serta dilakukan di Indonesia.

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Itas  ( CO. Remaja Komunitas. SeBAYA PKBI Jatim )

Referensi:

#YouthKnow: Fakta Seru Seputar International Youth Day

http://www.kanisiusmedia.com/post/detail/574/International-Youth-Day

http://www.kompasiana.com/ahlan/international-youth-day-peringatan-pemuda-sebagai-harapan-dunia_55cc51217397731d058d80f8

SeBAYA PKBI Jawa Timur , 2015,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s