Uncategorized

NGABUBURIT ??? Kekinian Gak sih Itu,,,

fdd4229f6d3482bfe2d31b34bfcb2a11_ngabuburit

Bengong, Bete, Males, Gak sama sekali semangat buat beraktivitas apapun itu, adalah bagian kecil yang selalu ada dan pasti bakalan ada di setiap moment Bulan Puasa ini. Apalagi juga Cuaca yang masih sering galau, kadang panas kadang juga hujan.  semakin membuat semangat jadi entah pergi kemana. Eiitzz,,  tapi kalau ada tawaran Ngabuburit kenapa begitu langsung ngacir semangat gtu ya,, ckckck,,,,, Nah kira-kira apa sih Ngabuburit itu ??? Boleh gak siih Ngabuburit itu??? Yuk simaka ulasan berikut ini ya, edisi spesial Ramadhan yang indah dan penuh berkah buat Soabt remaja sekalian.

NGABUBURIT ITU APA SIH,,,,

Tahu gak sih Sobat Remaja, kalau istilah kata “Ngabuburit” selalu kita bicarakan pada bulan Ramadhan. Ngabuburit sendiri adalah istilah dari bahasa sunda yang bisa berarti waktu menunggu berbuka puasa. Ngabuburit sendiri berasal dari kata “burit” yaitu waktu menjelang malam hari. Kata ngabuburit ini sudah menjadi trend, dan menjadi bahasa baku dalam kamus dan telah dipakai di hampir seluruh Indonesia. Jadi  kita tak hanya akan menemukan istilah ngabuburit di Jawa Barat, akan tetapi istilah ini dapat pula kita jumpai di daerah lainnya.

Banyak orang mengakali ngabuburit ini dengan berbagai kegiatan hingga mereka lupa akan rasa lapar dan haus selama berpuasa. Ada yang cuma tidur-tiduran, nonton, maen game, jalan-jalan, dan pokoknya ngerjain sesuatu hingga saking asyiknya bisa bikin lupa rasa haus dan lapar, bisa menjalankan perintah agama tanpa harus kelaparan dan kehausan.

Umumnya, orang-orang melakukan Ngabuburit pada jam 3-5 di sore hari. Biasanya mereka berkeliling naik motor sambil mencari panganan yang menarik untuk berbuka puasa nanti. Di beberapa tempat, Ngabuburit digunakan untuk kegiatan pesantren kilat atau seminar mengenai agama.

NGABUBURIT ITU NGAPAIN SIH EMANG ,,,

opppppp

Banyak hal yang bisa dilakukan buat Sobat Remaja untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa, dimana kita juga bisa menemukan banyak hal yang baru saat waktu luang menunggu berbuka puasa dengan melakukan kegiatan yang namnya Ngabuburit tersebut.

Ngabuburit sendiri juga gak perlu dengan biaya yang mahal atau harus pergi ke tempat-tempat yang memang sangat tepat untuk melakukan Ngabuburit. Sobat Remaja juga gak perlu khwatir juga lho, kalau ngabubuirit itu tidak akan membuat kita menjadi batal atau pun membatalkan puasa kita, asalkan kita masing-masing individu bisa dan selalu senantiasa bertanggung jawab atas segala apa yangsedang dilakukan nya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Sobat Remaja lakukan saat Ngabuburit, baik bersama keluarga tercinta, Sahabat, teman kerja. ataupun dengan sang kekasih tercinta, antara lain adalahb :

1. Ngabuburit adalah momentum yang tepat untuk bisa lebih dekat dengan keluarga seperti misal nya bisa melakukan kegiatan masak makanan berbuka puasa dan juga sahur bersama-sama, dimana proses tersebut mungkin akan jarang kita bisa jumpai saat tidak bulan puasa, karena memang kesibukan masing-masing dengan pekerjaannya.

2. Ngabuburit adalah waktunya untuk kita bisa berbagi dengan sesama, seperti hal nya dengan mengadakan kegiatan sosial buka bersama dengan teman-teman di panti asuhan, teman-teman anak jalanan, dimana selain buka bersama, kita pun juga bisa sembari berbagi informasi dan sharing pengalaman terhadap para peserta dan juga sebagai proses pembelajaran yang baik untuk usia dini.

3. Ngabuburit momentum yang tepat untuk menjalin interaksi dan komunikasi yang sempat terputus karena memang kesibukan masing-masing dari kita. Seperti  hal nya melakukan jalan-jalan bersama mencari menu makanan berbuka puasa, menjalankan ibadah shalat tarawih bersama-sama baik dengan kekasih tercinta, Sahabat, dan juga teman kantor serta teman sekolah dan teman kuliah.

Nah itu tadi adalah bagaimana Ngabuburit bisa menjadi alternatif kegiatan buat Sobat Remaja untuk menunggu waktu berbuka puasa. Yang pasti apapun itu kegiatan Ngabuburit Sobat Remaja, tetap kudu saling dan senantiasa selalu bertanggung jawab atas apa yang Sobat Remaja lakukan.

Buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Itas  (CO.Remaja Komunitas. SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

http://backupmatasiswa.blogspot.com/2013/07/ngabuburit-adalah-sebuah-tradisi.html

http://situs-biasa.blogspot.com/2013/05/asal-usul-kata-ngabuburit.html

http://tatieharyani.blogspot.com/2011/08/ngabuburit.html

http://ijauhary.blogspot.com/2012/11/sedikit-tentang-ngabuburit.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s