Uncategorized

LET’S GO,,,,,,

789

bergegaslah, kawan… tuk sambut masa depantetap berpegang tangan, saling berpelukan.. berikan senyuman tuk sebuah perpisahan!kenanglah sahabat… kita untuk slamanya! (Bondan&Fade2Black)

Penggalan lirik lagu dari salah satu grup vokal yang begitu cukup terkenal di tanah air ini, mungkin bisa juga kita jadikan sebagai pengingat untuk kita semuanya. Agar kita benar-benar bisa mempersiapkan apa yang akan kita lakukan setelah kita menyelesaiakan tugas kita, baik saat lulus dari sekolah menenngah pertama (SMP) Menengah Atas (SMA) Kejuruan (SMK) ataupun sudah merampungkan gelar (S1) kita. Nah kali ini SeBAYA PKBI Jatim akan berbagi dengan Sobat Remaja sekalian, terkait tentang kenapa sih Remaja sudah harus mempersiapkan Karir dan masa depannya sejak dini??? Bukankah kita masih perlu untuk bermain dan membuat masa muda kita jadi lebih penuh cerita yang seru abis. So, mari kita simak deh penjelasan di bawah ini.

Menentukan Arah dan Mencoba Sukses kembali.

33333

Nah perlu diketahui nie buat Sobat Remaja sekalian, Seseorang itu  perlu untuk memilih dan mempersiapkan serta mengembangkan karirnya dimulai sejak berada dibangku sekolah. Namun hal yang paling membingungkan remaja sendiri adalah saat telah menyelesaikan sekolah, sebagaian besar remaja harus berhadapan dengan realita yang dihadapi dalam berkehidupan sosial.

Selain itu kita juga perlu mengetahui kenapa sih kita sudah harus mempersiapkan karir kita dimulai dari sejak dini terlebih ketika memang sudah menuntaskan jenjang pendidikan, hal tersebut seolah menjadi begitu sangat penting buat kita semuanya, padahal sebagai seorang remaja pastinya menginkan sesuatu yang selalu dengan masa bahagia serta tanpa duka air mata.

Dalam teori Psikologi HAVIGHURST (1961),  pun sudah dijelaskan tentang apa saja sih yang menjadi tanggung jawab serta tugas perkembangan yang memang harus Sobat Remaja sekalian ketahui secara komperhensif, antara lain :

  1. Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya.

Tujuan dari tugas ini adalah belajar berkembang menjadi orang dewasa diantara orang dewasa lainnya, belajar bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Keberhasilan remaja dalam menyelesaikan tugas perkembangan ini akan mengantarkannya kedalam kondisi penyesuaian sosial yang baik dalam keseluruhan hidupnya. Namun jika gagal, maka dia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya karena sulit bergaul dengan orang lain.

2.  Mencapai peran sosial sebagai pria dan wanita.

Hakikat dari tugas tersebut adalah remaja dapat menerima dan belajar peran sosial sebagai pria dan sebagai wanita. Misalnya, melakukan tugas-tugas yang dilakukan oleh pria dewasa, seperti bekerja mencari nafkah untuk keluarga.

3. Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif.

Tugas ini bertujuan agar remaja merasa bangga atau bersikap toleran terhadap fisiknya, menggunakan dan memelihara fisiknya secara efektif dan merasa puas dengan fisiknya tersebut.

4.  Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.

Hakikat dari tugas ini adalah membebaskan diri dari sikap dan perilaku yang bergantung pada orang tua, mengembangkan sikap respek terhada orang dewasa lainnya tanpa bergantung kepadanya.

5. Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.

Tugas perkembangan ini bertujuan untuk mengembangkan konsep-konsep hokum, pemerintahan, ekonomi, politik, dan lembaga-lembaga sosial yang cocok dengan dunia modern, serta melatih dan mengembangkan keterampilan berbicara dan berpikir yang penting bagi upaya memecahkan masalah-masalah secara efektif.

6. Memilih dan mempersiapkan karir (pekerjaan).

Tujuan tugas ini adalah memilih suatu pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya serta mempersiapkan diri dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memasuki / terjun dalam pekerjaan tersebut.

7. Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga.

Tujuan dari tugas ini adalah mengembangkan sikap positif terhadap pernikahan, hidup berkeluarga dan memiliki anak serta memperoleh pengetahuan yang tepat tantang pengelolaan keluarga dan pemeliharaan anak.

8. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

Tugas ini bertujuan agar remaja dapat mencapai kematangan sikap, kebiasaan dan pengembangan wawasan dalam mengamalkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, baik pribadi maupun sosial.

Banyak Pilahan Bukan Berarti Makin Tertekan lho,,,

cft

Sobat Remaja pasti selalu di bingungkan dengan seperti apa sih pilihan yang tepat dan pas dengan kita nantinya. Tak jarang juga kadang teman dekat kita yang sebenarnya kita harapkan bisa menjadi tempat sharing dan diskusi dalam mengambil keputusan, bisa jadi menjadi seseorang yang akhirnya akan membuat kita jadi semakin bingung. Nah tapi sobat remaja juga gak perlu khawatir berlebih sih, tidak semua teman kita akan berlaku seperti itu semuanya juga siih, tinggal gimana kita bisa dengan selektif memilih dan memilah mana teman kita yang sesuai dengan tujuan dan jalan pikiran kita.

Nah berikut ini ada beberapa tips buat sobat remaja terkait dengan bagaiamana sih cara untuk memilih karir kita yang tepat dan tidak salah dalam memilih, antara lain yaitu :

  1. Personality (kepribadian)

Apakah ada kecocokan antara kepribadian Anda dan karir pilihan? Hal ini memiliki dampak signifikan pada apakah Anda menemukan pekerjaan yang dapat membuat

2. Motivation (Motivasi)
Ini adalah salah satu faktor yang paling penting bagi kepuasan karir jangka panjang. Temukan pekerjaan yang memotivasi Anda, maka Anda telah menemukan karir yang tepat.

3. Skills (Keterampilan)

Memiliki keterampilan yang tepat adalah kunci untuk membuka pintu ke banyak karir. Keterampilan yang Anda peroleh adalah hasil dari kemampuan atau bakat bawaan yang dikembangkan oleh setiap Pelatihan yang Anda terima.

4. Values (Nilai-nilai)
Hal ini mungkin termasuk Gaya hidup yang Anda inginkan, keyakinan Anda, agama atau panduan etika yang Anda ikuti. Jenis organisasi atau orang yang ingin Anda bekerja untuknya dan Produk atau jasa yang Anda ingin berkontribusi di dalamnya.

 

Nah itu tadi beberapa hal yang kiranya bisa membantu Sobat remaja untuk menentukan segala hal yang ingin kalian capai setelah memang menyelesaikan sekolah kalian masing-masing. Apapun itu sebenarnya tidak masalah, jangan tungu sampai sobat remaja menemukan sesuatu yang sesuai dengan teman-teman, tapi mulailah untuk mencintai dan benar-benar menikmati apa yang saat ini sedang Sobat remaja lakukan, serta bertanggung jawab ata segala pilihan masing-masing dari sobat remaja sekalian.

buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita diSeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Itas (Co.Komunitas, SeBAYA PKBI Jatim)

 

Referensi :

Materi Siaran Radio 19 Mei 2015.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s