Uncategorized

Mari Akses Layanan Kesehatan Ramah Remaja!

yfs1

“Layanan ramah remaja merupakan cara agar remaja mempunyai akses yang setara untuk pencegahan, pengobatan, pemeliharaan, dan dukungan. Akses ini telah disesuaikan terkait semua perubahan remaja.”

Tahukah kamu jika saat ini sudah ada pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia? PKPR ini adalah model pelayanan kesehatan yang menangani kebutuhan, hak, dan “selera” remaja. Layanan kesehatan ramah remaja ini pun menawarkan cakupan layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang luas dan sesuai untuk kebutuhan remaja, serta menjamin kerahasiaan, menghargai kapasitas keterlibatan remaja, menghargai perbedaan dan mengadopsi pendekatan seks positif dan berbasis hak kesehatan seksual. Wah, program yang sangat menarik, bukan?

Adanya PKPR tersebut diharapkan bisa memfasilitasi para remaja (usia 10-24 tahun) dalam mengakses layanan kesehatan yang ramah remaja. Namun, pada prakteknya tujuan tersebut belum tercapai karena berbagai hal, diantaranya:

  1. Rendahnya kesadaran diri dari remaja. Banyak yang menganggap jika yang perlu mengakses layanan kesehatan hanyalah remaja yang berisiko terinfeksi penyakit menular seksual. Stigma tersebut tentu membuat remaja enggan untuk memeriksakan dirinya ke PKPR.
  2. Apabila memiliki masalah terkait kesehatan, remaja cenderung suka mengkonsultasikannya kepada teman sebaya atau mencari jawaban dari sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Kurang tersebarnya informasi mengenai PKPR. Banyak yang masih asing dengan adanya layanan ramah remaja ini.

Nah, dari ketiga permasalahan di atas, poin pertama tersebut sebenarnya merupakan dampak dari permasalahan kedua dan ketiga. Berikut akan Sobat SeBAYA  paparkan inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran diri remaja untuk mengakses PKPR tersebut.

  1. Akses informasi terkait PKPR ada di genggaman!

yfs2

Jika kamu beralasan belum mengenal PKPR karena kurang informasi, saatnya cermat mencari di web browser dari gadget kamu. Sudah tersedia berbagai websitekesehatan reproduksi remaja yang kredibel menawarkan informasi rujukan layanan kesehatan ramah remaja di berbagai daerah. Contohnya adalah sebayapkbijatim.wordpress.com,  GueTau.com, dan SobatASK.net

  1. Banyak PKPR yang memiliki peer counselor.

yfs3

Bagi Sobat SeBAYA  yang merasa nyaman berkonsultasi dengan teman sebaya, banyak layanan ramah remaja ini yang telah menyediakan peer counselor. Sama seperti saat curhat dengan teman sebaya, kamu tak perlu merasa sungkan untuk bercerita dengan mereka. Bedanya adalah teman-teman yang menjadi peer counselorini telah dibekali berbagai pelatihan, termasuk hak kesehatan seksual reproduksi (HKSR), interpersonal relationship dan konseling. Dengan demikian, informasi yang didapat darinya bisa dipertanggung jawabkan dan rahasiamu akan terjaga.

  1. Benahi mindset-mu terkait stigma terhadap akses layanan kesehatan.

yfs4

Layanan ramah remaja merupakan cara agar remaja mempunyai akses yang setara untuk pencegahan, pengobatan, pemeliharaan, dan dukungan. Akses ini telah disesuaikan terkait semua perubahan remaja dan diberikan dengan harga yang cukup terjangkau bahkan gratis. Lantas, apa kamu tidak merasa rugi jika kamu tak memanfaatkan program PKPR ini dengan baik?

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh : Eunike Ally Sushmita ( KIE.Media SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

  1. http://guetau.com/informasi/hksr/antara-inovasi-dan-diskriminasi-gambaran-akses-layanan-kesehatan-oleh-remaja-termarjinalisasi.html
  2. http://guetau.com/informasi/hksr/berkenalan-dengan-layanan-kesehatan-ramah-remaja.html
  3. http://www.esaunggul.ac.id/article/problematika-remaja-akibat-kurangnya-informasi-kesehatan-reproduksi/
  4. Pedoman Paket Esensial ASK (Edisi 2015).

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s