Uncategorized

PATAH HATI, PERLU JUGA YA BUAT DI JELASIN???

heart break

Jangan sampai karena depresi dan frustasi akibat patah hati, kualitas hidup kita jadi menurun, karena cinta itu bukanlah segalanya. tetapi segala sesuatu yang kita bisa membuatnya jadi indah dan baik, itulah arti dari sebuah cinta yang sesungguhnya, dimana apa adanya, tetapi begitu bersahaja dan luar biasa.

Siapa yang tidak pernah merasakan yang namanya patah hati? Setiap orang pasti pernah mengalaminya terutama remaja seperti kita. Putus cinta, ditolak oleh gebetan yang kita suka, gagal mencapai target yang kita impikan, hingga dikhianati oleh orang yang kita sayang adalah serangkaian hal yang dapat membuat hati kita terluka. Patah hati memang terasa menyakitkan dan sulit untuk dilupakan.  Rasa sakitnya mungkin dapat disimbolkan seperti terkena goresan pisau, memang terlihat kecil tetapi sangat menyiksa. Bahkan mungkin rasa sakitnya tidak akan dapat dibayangkan hingga sulit diungkapkan kata-kata.

Sobat remaja pernah tau gak, ketika seseorang mengalami patah hati seakan-akan ia merasakan sensasi sakit pada jantungnya. Hal ini seolah-olah seperti tertekan oleh beban yang amat berat dari dada hingga ke jantung. Tapi, tahukah kalian bahwa sensasi rasa sakit yang ditimbulkan tersebut memiliki fakta secara ilmiah? Dan ternyata hal itu tidak selalu berkaitan dengan kondisi mental yang sedang kita alami, tetapi juga dipengaruhi oleh zat-zat hormon yang bekerja dalam tubuh kita. Bagaimana proses tersebut dapat terjadi? Yuk, mari kita simak informasinya!

  1. Adanya Sinyal dari Otak


heart break2

Rasa sakit yang kita alami saat patah hati bermula dari adanya sinyal-sinyal yang dikirimkan melalui otak ke sel sel tubuh kita. Seperti yang diungkapkan oleh Naomi Eisenberger, PhD. dari University of California bahwa ketika manusia mengalami rasa patah hati misalnya saja karena putus cinta atau ditolak oleh orang yang kita sukai, otak tidak dapat mengatasinya sendirian. Karena itulah, otak akan mentransmisikan sinyal kepada tubuh dan memberitahukan bahwa yang kita alami saat itu adalah rasa sakit. Sehingga, seolah-olah kita merasakan sakit seperti tertekan di bagian dada.

 

  1. Adanya Pengaruh Hormon

heart break3

Pada dasarnya di dalam otak manusia terdapat beberapa jenis hormon yang mempengaruhi keadaan emosi dan perasaan kita, loh! Beberapa di antaranya adalah hormon cortisol, dopamine, neropinephrine, dan serotonin. Hormon-hormon tersebut sangat berpengaruh terhadap keadaan psikologis seseorang.

Hormon  cortisol dikenal juga sebagai hormon pemicu stress. Hormon dopamineadalah hormon yang dapat menstimulasi perasaan senang dan pleasure. Hormonneropinephrine adalah hormon yang memberikan efek rasa super gembira ataupun keceriaan. Dan yang terakhir adalah hormon serotonin yang merupakan mood stabilizer sekaligus kontributor bagi timbulnya perasaan bahagia.

Nah, kinerja hormon dopamine tersebut dapat terhambat apabila kita merasa sedih, marah, ataupun emosi terutama karena patah hati. Kedua hormon tersebut akan pergi dan sebagai hasilnya akan menyebabkan munculnya hormon pemicu stress atau lebih dikenal dengan hormon cortisol.

Hormon cortisol biasanya muncul ketika kita dalam keadaan stress, tertekan, ataupun terancam dan berfungsi memberikan reaksi perlawanan. Contohnya saja ketika kita menghadapi situasi genting, hormon ini akan memicu gerakan otot untuk menghindarinya seketika. Saat mengalami patah hati, hormon ini akan bereaksi ke tubuh misalnya ke dada yang dapat menyebabkan rasa sakit tertekan dan terganggunya sirkulasi darah. Tak hanya itu, hormon ini juga berpengaruh terhadap fisik kita (terutama sistem imun) sehingga mudah terserang gejala penyakit.

heart break4

 

Buat Sobat Remaja semuanya ini, penting untuk kita ketahui bahwa patah hati memiliki efek samping yang negatif bagi kita baik secara fisik dan psikis. Jangan sampai karena frustrasi akibat patah hati, kualitas hidup kita jadi menurun. Cobalah sejenak untuk relaksasi dengan menenangkan pikiran sambil bermeditasi, lupakan sejenak bebanmu, tenangkan pikiranmu, dan yang paling penting adalah sambut  hari-harimu dengan keyakinan serta semangat baru yang lebih positif.

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh : Amanda Larasati ( Kontributor Guetau.com)

Referensi:

  1. http://wolipop.detik.com/read/2013/08/21/071747/2335755/1135/ini-reaksi-yang-terjadi-pada-tubuh-anda-ketika-patah-hati
  2. http://everydayfeminism.com/2015/02/neurobiology-of-a-break-up/
  3. http://www.amazine.co/2600/tips-serotonin-pengaruh-kadar-serotonin-pada-mood-kesehatan/
  4. http://www.kawankumagz.com/read/fakta-ilmiah-paling-unik-soal-sakit-hati-karena-cinta

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s