Uncategorized

KEGAGALAN KONTRASEPSI??? BAGAIMANA ITU YAH,,,,

1 (1)

setelah kemarin kita mbahas tentang KONTRASEPSI nih dan macem-macemnya, kali ini kita akan lebih mendalam lagi mbahas tentang kegegalan kontrasepsi. Mungkin banyak dari teman-teman ataupun orang dewasa yang pernah mengalami kehamilan walaupun sudah memakai kontrasepsi atau istilahnya “kebobolan”.

nah ternyata nih.. memang semua KB tidak bisa yang mampu efektif 100% melindungi dari kehamilan, bahkan MOW dan MOP. Kegagalan bisa terjadi karena kurang disiplin dalam penggunaan kontrasepsi, dan kegagalan dari metode itu sendiri, frekuensi hubungan seksual (semakin sering berhubungan seksual, semakin besar resikonya untuk terjadi kehamilan), usia akseptor (usia subur wanita tidak bisa ditentukan, selama masih mendapatkan menstruasi berarti masih dalam masa subur; masa pra menopause).

nah, apa sih yang harus kita lakukan bila menyadari bahwa kontrasepsi yang kita gunakan gagal?
a. Segera tes pack /PPT/tes urine
b. Segera memeriksakan diri kepada bidan/dokter kandungan/tenaga medis lain nya untuk memastikan hamil atau tidak.
c. Konsultasikan kepada bidan/dokter kandungan/bisa datang langsung ke PKBI untuk memeriksakan kehamilan agar perkembangan dan pertumbuhan janin bisa optimal/untuk mencegah/mendeteksi terjadinya kelainan pada janin.

bagaimana mencegah agar kontrasepsi yang digunakan tidak mengalami kegagalan?
a. Harus disiplin dalam penggunaan kontrasepsi dalam artian cara minum pil KB harus tepat waktu, bila memakai suntik KB harus datang sesuai dengan jadwal suntik, bila memakai kondom harus benar cara pemasangan nya, bila memakai KB IUD harus rutin control IUD.
b. Setiap kali menstruasi, disarankan untuk mencatat kapan tanggal menstruasi di setiap bulan nya. Agar bisa diketahui siklus menstruasi teratur atau tidak, dan untuk mendeteksi dini bila terjadi kehamilan.
c. Khusus untuk KB MOP, setelah pemasangan KB diharapkan memakai kondom selama 20kali ejakulasi. Setelah itu boleh dipastikan sudah tidak adalagi sel sperma dalam air mani nya dengan cara tes laborat.

nah udah tahu kan temen-temen.. bahwa semua kontrasepsi memang tidak bisa 100% mencegah kehamilan. tetapi dengan pemakaian dan pemilihan kontrasepsi yang tepat, mencegah kehamilan bisa sangat efektif.

buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh : Mariayul Nur Hayati (Tim Riset Advokasi, SeBAYA PKBI Jatim)

referensi: Guidline Siaran Radio RRI PRO2 FM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s