Uncategorized

SEPERTI APA SIH JADI PUBLIC SPEAKER YANG BAIK ITU???

public speaking1

Public speaking merupakan salah satu keahlian yang cukup dibutuhkan oleh remaja. Tak hanya sebatas berbicara di depan banyak orang, public speaking adalah seni dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, baik dari bahasa verbal maupun non verbal. Maka dari itu, kini SeBAYA PKBI Jatim akan berbagi tips buat semua Sobat Remaja, untuk menjadi seorang public speaker yang baik.

  1. Pemahaman yang mendalam mengenai materi yang dibawakan. Ini merupakan awal yang baik karena kamu akan terlihat siap dengan materi yang dibicarakannya. Hal utama dari public speaking adalah menguasai secara rinci dan mendalam persoalan, sehingga setiap kalimat yang disampaikan menjadi bernas, terstruktur, dan lancar. Untuk melakukannya, perlu persiapan materi yang matang.
  2. Pemilihan istilah yang tepat. Selain penyampaian rinci, kamu perlu memperhatikan istilah yang kamu gunakan agar penyampaian pesan kepada audiens tersebut lebih efektif. Indikator ketepatan pemakaian istilah ini adalah berdasarkan karakteristik mayoritas audiens dan di forum apa kamu berbicara.

public speaking2

  1. Improvisasi di tengah pembicaraan. Apabila kamu menyampaikan materi dengan bantuan teks, misalnya dengan slide Power Point atau secarik kertas, menyelipkan improvisasi di tengah pembicaraan pun menjadi kebutuhan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan sentuhan personal dan membangun keterikatan emosi dengan audiens.
  2. Time managment. Atur waktu yang kamu miliki dengan baik. Dengan perkiraan yang tepat akan memudahkanmu menyusun materi dan menepati
  3. Bangun kredibilitas. Kredibilitas pembicara ini berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan audiens. Untuk membangun kredibilitas tersebut, bisa dilakukan dengan gaya yang lugas atau menyiapkan fakta berupa data dan statistik untuk mendukung materi yang kamu sampaikan.

public speaking3

  1. Berbicara dengan jelas. Agar penyampaian pesan dapat diterima dengan baik, latihlah kemampuan berbicara dengan jelas dan terstruktur. Intonasi yang tepat juga dapat mencegah pembicaraan menjadi datar dan membosankan.
  2. Perhatikan Gesture merupakan gerakan tubuh dan merupakan bahasa non verbal. Gesture ini sangat mempengaruhi penilaian pendengar kepadaku saat berbicara. Karena dengan gesture, seseorang lebih memahami apa yang kita sampaikan. Buat tubuhmu merasa nyaman sehingga konsentrasi pun tidak akan terpecah.

Segini dulu aja deh Informasi buat Sobat Remaja semuanya mengenai Gimana sih jadi seorang public speaker yang baik itu???

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh :Eunike Ally dan Fatimah ( KIE Media, SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

  1. http://madeandi.com/2013/07/21/belajar-public-speaking-ala-marty-natalegawa/
  2. http://mediabisnisonline.com/20-tips-lancar-public-speaking/
  3. https://www.lintas.me/fun/other/editor/5-tips-agar-kamu-bisa-menjadi-public-speaking-yang-baik

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s