Uncategorized

HARI KEBAHAGIAAN INTERNASIONAL

hai sobat sebaya…
pertama-tama kita mau nanya nih..
kalian sedang bahagia gak? atau pernah bahagia? alasannya apaa? ūüėÄ

kebahagiaan.jpg3.jpg3

hem kita yakin, pasti jawaban kalian PERNAH mengalami kebahagiaan. dan alasannya? pastinya berbeda-beda kan? mungkin ada yang bahagia karna mendapat pacar, mendapat rangking kelas, kumpul-kumpul sama keluarga atau bahagia karena diputus pacar? ups.

alasan orang berbahagia sangatlah bermacam-macam, oleh karena itu kata “bahagia” sebenarnya bersifat relatif. namun beberapa ahli memberikan definisnya termasuk Aristoteles yang berkata bahwa kebahagiaan bukan sekedar senyum yg menyungging di bibir atau pelangi warna-warni di langit biru, namun kebahagiaan adalah rasa senang yg kita rasakan setelah menggunakan seluruh potensi yg kita miliki.

ngomongin tentang kebahagiaan, ternyata ada lhooo ukuran untuk kebahagiaan yang sering disebut¬†“Indeks Kebahagiaan”. Indeks Kebahagiaan sering digunakan oleh Indonesia dalam mengukur tingkat kebahagiaan masyarakat Indonesia. Nah menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Kebahagiaan Indonesia 2014 sebesar 68,28. Angka ini lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya (tahun 2013) sebesar 65,11.

Nah pasti pada penasaran kan indeks kebahagiaan itu terdiri dari apa aja?

Indeks Kebahagiaan terdiri dari 10 aspek seperti di bawah ini nih:

Print

well tapi ngomongin tentang fenomena remaja nih,¬†dengan emosi-nya yang masih¬†labil padahal dengan permasalahan yang terbilang “sederhana” terkadang remaja bersikap mellow, gegana dls.

contohnya aja nih, ketika kalian laper, kalian lebih milih masang status dulu “gue laper” ketimbang ngambil makan. atau saat kalian berkata “gue pingin move on” tapi masih stalking path-nya mantan. #eaa sama aja kan?

yups. hal-hal sederhana yang kayak gitu yang justru membuat remaja tanpa sadar ‘tidak bahagia’.

ada beberapa tips nih buat kalian agar merasa lebih bahagia yang kita kutip dari Daniele Boido, penulis The Human Being Of The Future.

  • Memahami spiritualitas. Tunjukan kasih sayang, kesabaran dan cinta tanpa syarat. Jangan menghakimi.
  • Belajar memaafkan. Berpegang pada rasa sakit di masa lalu hanya akan merusak pikiran. Jika seseorang telah menyakiti Kalian, lepaskan kepahitan dan dendam itu untuk¬†move on guys!¬†
  • Jaga tubuh.¬†Banyak konsumsi makanan segar termasuk buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum. Ini akan menyehatkan tubuh dengan menghasilkan energi yang bersemangat dan sehat. Lakukan juga¬†latihan pikiran dan tubuh seperti yoga, pilates atau tai chi.
  • Berbagilah cinta tak bersyarat. Merasakan cinta tanpa syarat terhadap diri sendiri dan orang lain akan menciptakan harmoni. Makin banyak Kalian membuka diri untuk perasaan ini, Kalian akan merasa lebih damai dan tenang.
  • Belajar dari orang lain. Belajarlah banyak tentang kehidupan dari orang yang kita cintai.
  • Bersantai.¬† Carilah tempat yang tenang dan mulailah relaksasi dari kegiatan rutinitas yang membuat kalian stres
  • Berhubungan dengan alam.¬†Di pagi hari, habiskan 2-3 menit berfokus pada hal-hal seperti air, hujan, pohon, bunga, rumput atau buah-buahan. Di malam hari, fokuslah pada kualitas batin termasuk cinta, kebaikan, kedamaian, dan harmoni. Ini akan membuat hubungan yang lebih kuat terhadap kualitas alam dan merasa lebih selaras dengan alam.

apapun kondisi dan faktor-faktornya, kebahagiaan sejatinya muncul dari dalam diri seseorang. nikmati hidupmu, jangan mudah menyerah dan berpandai-pandailah bersyukur.

“karena kehidupan yang mungkin sering kalian sesali saat ini adalah kehidupan yang tak jarang orang lain inginkan”.

kebahagiaan.jpg2.jpg3

Segini dulu aja deh Informasi buat Sobat Remaja semuanya mengenai arti kebahagiaan.

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh : Mariayul Nur Hayati (Tim Riset Advokasi, SeBAYA PKBI Jatim)

 

referensi:

http://jabar.tribunnews.com/2015/02/05/indeks-kebahagiaan-indonesia-meningkat

http://www.menshealth.co.id/kesehatan/mujarab/cara.sederhana.menjadi.bahagia/004/001/3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s