Uncategorized

Kenapa Remaja Perlu Melek Hukum?

hukum2

Berbicara soal hukum kadang terdengar membosankan atau terlalu berat bagi Sobat Remaja khususnya. Banyak yang beranggapan juga  bahwa hukum adalah sesuatu yang ribet dan cukup abstrak untuk dipahami. Benarkah demikian?

Cara Asik Belajar Hukum

Proses peradilan dan penegakan hukum ternyata tidak seribet yang ada di bayangan kamu, kok. Itu semua bisa dipahami oleh Sobat Remaja jika perantaranya tepat. Misalnya nih, belajar melalui seminar atau pameran hukum yang beberapa tahun ini mulai banyak bermunculan. Contohnya, Justice to School, ajang pameran lembaga-lembaga hukum di Indonesia yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung untuk pelajar dan mahasiswa. Acara ini cukup mudah menarik minat para remaja karena presentasi disajikan melalui games yang seru, booklet dengan desain menarik danbooth yang keren.

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar tidak gagap hukum adalah rajin membuka situs-situs hukum di internet. Bermodal koneksi internet, kamu bisa belajar banyak contoh kasus sehari-hari yang berkaitan dengan hukum, seperti di hukumonline.com. Namun, yang perlu kamu perhatikan lagi adalah pilah dan pilih situs yang akan kamu jadikan referensi belajar tersebut cukup kredibel dan informasinya bisa dipertanggungjawabkan.

Belajar hukum juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis dari gadgetmu. Saat ini sudah tersedia beragam aplikasi yang menunjang keinginanmu untuk melek hukum seperti UUD 1945 Amandemen Terbaru. Selain tampilannya yang menarik, belajar hukum melalui aplikasi ini juga sangat praktis karena size penyimpanan yang kecil, isi yang lengkap, serta dapat dioperasikan secaraoffline.

hukum1

Kenapa Kita Perlu Belajar Hukum?

Setelah SeBAYA PKBI Jatim paparkan beberapa cara seru tersebut, seharusnya sudah tidak ada alasan lagi dong untuk kamu malas belajar hukum. Nah, selain itu, berikut adalah alasan-alasan yang bisa memotivasi kamu agar semakin tertarik mempelajarinya:

  1. Indonesia adalah negara hukum. Hal ini tertuang di UUD 1945 pasal 1 ayat 3. Ini berarti bahwa setiap tindakan, baik secara langsung ataupun tidak, pasti ada akibat hukumnya. Literatur hukum sudah selayaknya menjadi konsumsi semua warga negara, termasuk remaja, agar lebih paham mengenai hak dan kewajibannya.
  2. Melek hukum akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam bertindak.Tersedianya beragam informasi yang bebas kamu dapatkan serta tergabung dalam lingkaran pergaulan yang lebih luas menuntut kamu untuk lebih selektif. Misalnya nih, adanya tekanan teman sebaya tidak seharusnya membuat kamu ikut-ikutan menyalahgunakan narkoba karena paham konsekuensinya. Begitu pula keisengan semacam nge-jailbreak iPhone yang ternyata bisa berbuntut hukuman pidana.
  3. Mempelajari hukum juga membuatmu sadar akan HAM. Kewajiban negara adalah melindungi, memenuhi, dan menghormati HAM. Khusus di Indonesia nih, pemerintah selangkah lebih maju memiliki fungsi mempromosikan HAM. Ini semua tercantum dalam UUD 1945 Amandemen Terakhir pasal 28 A-J. Agar apa yang tertulis mengenai HAM tersebut bisa terwujud, Sahabat GueTau perlu senantiasa memantau dan mengingatkan kembali pemerintah. Dengan memahami hal ini, hak kamu tidak akan mudah dirampas pihak lain hanya karena kamu tidak melek hukum.

 

Nah sekarang Sobat Remaja semuanya sudah tahu kan betapa pentingnya melek hukum? Mau berbagi pengalaman serupa atau bertanya lebih lanjut? bisa banget koq. Sobat Remajabisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh : Eunike Ally Sushmita (KIE Media SeBAYA PKBI Jatim)

Referensi:

  1. http://www.portalkbr.com/teenvoice/cerita-kita/2590473_6439.html
  2. http://deletetechno.com/pemuda-pemudi-sekarang-harus-melek
  3. hukum/http://tercerahkan.com/kenapa-kita-harus-melek-hukum/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s