Uncategorized

PERANAN PENTING PERS TERHADAP REMAJA (Peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2015)

vbn

Media masa adalah tempat dimana semua orang bisa sangat dengan mudah mendapatkan segala hal yang di inginkan, tetapi dari itu semuanya media masa juga terkadang memiliki sisi baik dan buruknya juga, hal tersebut juga sama dengan keberadaan para jurnalisnya, mereka yang seharusnya bisa mendapatkan peranan penting atas segala jasanya, terkadang terlupakan dan seolah sering mendapatkan cacian dan maki.

APA SIH PERS (MEDIA MASSA) ITU???

 Media massa atau Pers adalah suatu istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus di desain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.

Menurut Ashadi (2000: 1) bahwa, media massa kerap diibaratkan sebagai matahari, memberikan sinar yang menerangi dunia, atau menyampaikan pesan yang merasuk ke kalbu umat manusia hingga memberi pencerahan. Dengan begitu media massa seolah memiliki posisi di luar kehidupan masyarakat. Dia dianggap memiliki keunggulan yang menyebabkan mampu mempengaruhi alam pikiran khalayak yang selanjutnya akan mengubah masyarakat.

Beberapa masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu.

Kondisi tersebut yang pada akhirnya membuat perkembangan media massa semakin berkembang dengan pesat dan semakin berwarna-warni dalam memberikan sajian informasi pada banyak masyarakat luas yang tersebar di seluruh dunia. Semakin berkembangnya media massa tersebut, juga di iringi dengan semakin berkembang pula tekhnologi yang terus mengalami kemajuan, sehingga banyak masyarakat luas yang juga semakin bisa mengakses dengan sangat mudah terkait seluruh informasi yang ada di semua media massa yang ada.

PENGERTIAN PERS MENURUT PARA AHLI :

der

UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers :

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Oemar Seno Adji :

Pers dalam arti sempit, yaitu penyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau berita-berita dengan kata tertulis. Pers dalam arti luas, yaitu memasukkan di dalamnya semua media mass communications yang memancarkan pikiran dan perasaan seseorang baik dengan kata-kata tertulis maupun dengan lisan.

Kamus Umum Bahasa Indonesia :

Pers berarti:

  1. alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar
  2. alat untuk menjepit atau memadatkan
  3. surat kabar dan majalah yang berisi berita
  4. orang yang berkerja di bidang persurat kabaran

Dari banyak penjelasan dan pnegertian Pers menurut para ahlinya, Sobat Remaja SeBAYA pun menyimupulkan jika Pers atau yang sudah biasa dikenal oleh banyak masyarakat luas dengan nama media massa memiliki arti seseorang yang mencari berita terkait tentang banyak hal yang merupakan perkembangan baik tentang masalah politik, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, hingga masalah terupdate dan terkini terkait perkembangan dunia remaja secara umumnya.

Pers (media massa) sendiri juga terkadang sering terlupakan peranannya oleh banyak orang, tak terkecuali juga ada pula beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan pers, melakukan beberapa hal negatif terkait tentang peranan dan fungsi dari pers yang sesuai dengan tujuannya.

PERKEMBANGAN PERS DI DI INDONESIA

yyyy

Kira-kira ada yang tahu tidak, tentang bagaiamana perkemabangan pers di Negara Indonesia ini, dan bagaiamana sih sebenarnya pers mulai berkembang pesat di negera tercinta kita republic Indonesia ini, nah Sobat Remaja SeBAYA PKBI Jatim akan sedikit berbagi informasi terkait tentang bagaimana sih perkembangan pers di Indonesia ini :

  • Perkembangan pers di Indonesia berawal pada penerbitan surat kabar pertama, yaituBataviasche Novelles en Politique Raisonemnetan yang terbit 7 Agustus 1774.
  • Kemudian muncul beberapa surat kabar berbahasa Melayu, antara lainSlompet MelajoeBintang Soerabaja (1861), dan Medan Prijaji (1907).
  • Majalah tertua ialah Panji Islam (1912-an)
  • Surat kabar terbitan peranakan Tionghoa pertama kali muncul adalahLi Po (1901), kemudian Sin Po (1910).
  • Surat kabar pertama di Indonesia yang menyiarkan teks Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah surat kabarSoeara Asia.
  • Sesudah itu, surat kabar nasional yang memuat teks proklamasi adalah surat kabarTjahaja (Bandung), Asia Raja (Jakarta), dan Asia Baroe (Semarang).
  • Corak kehidupan politik, ideologi, kebudayaan, tingkat kemajuan suatu bangsa sangat mempengaruhi sistem pers di suatu negara.

Secara umum, di seluruh dunia terdapat pola kebijakan pemerintah terhadap pers yang otoriter dan demokratis. Diantara keduanya terdapat variasi dan kombinasi, bergantung tingkat perkembangan masing-masing negara. Ada yang quasi otoriter, ada yang quasi demokratis, dan sebagainya. Dan setelah mengalami banyak perkembangan, di Indonesia pun ada banyak macam dan jenis dari  media massa atau pers tersebut, antara lain adalah :

Media massa tradisional :  Surat kabar, Majalah, Radio, Televisi, Film (layar lebar). Dalam jenis media ini terdapat ciri-ciri seperti:

  1. Informasi dari lingkungan diseleksi, diterjemahkan dan didistribusikan.
  2. Media massa menjadi perantara dan mengirim informasi melalui saluran tertentu.
  3. Penerima pesan tidak pasif dan merupakan bagian dari masyarakat serta menyeleksi informasi yang mereka terima
  4. Interaksi antara sumber berita dan penerima sedikit.

Media massa modern : Internet, dan telepon seluler.  Dalam jenis media ini terdapat ciri-ciri :

 

  1. Sumber dapat mentransmisikan pesannya kepada banyak penerima (melalui SMS atau internet misalnya)
  2. Isi pesan tidak hanya disediakan oelh lembaga atau organisasi, namun juga oleh individual.
  3. Tidak ada perantara , interaksi terjadi pada individu
  4. Komunikasi mengalir (berlangsung) ke dalam
  5. Penerima yang menentukan waktu berinetraksi.

FUNGSI DAN PERAN PERS

Berdasarkan ketentuan pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial. Sementara itu Pasal 6 UU Pers nasional melaksanakan peranan sebagai berikut ;

  • Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui menegakkan nilai nilai dasar demokrasi dan mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak asasi manusia. Selain itu pers juga harus menghormati kebinekaan mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benr melakukan pengawasan.[1]
  • Sebagai pelaku Media Informasi

Pers itu memberi dan menyediakan informasi tentang peristiwa yang terjadi kepada masyarakat, dan masyarakat membeli surat kabar karena memerlukan informasi.

  • Fungsi Pendidikan

Pers itu sebagi sarana pendidikan massa (mass Education), pers memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat bertambah pengetahuan dan wawasannya.

  • Fungsi Hiburan

Pers juga memuat hal-hal yang bersifat hiburan untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot. Berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, dan karikatur.

  • Fungsi Kontrol Sosial

Fungsi ini terkandung makna demokratis yang didalamnya terdapat unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Social participation(keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan)
  2. Social responsibility(pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat)
  3. Social support(dukungan rakyat terhadap pemerintah)
  4. Social control(kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah)
  • Sebagai Lembaga Ekonomi

Pers adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pers dapat memamfaatkan keadaan di sekiktarnya sebagai nilai jual sehingga pers sebagai lembaga sosial dapat memperoleh keuntungan maksimal dari hasil prodduksinya untuk kelangsungan hidup lembaga pers itu sendiri.

DINAMIKA PERS TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA

uuuu

Media massa secara pasti mempengaruhi pemikiran dan tindakan khalayak anak dan remaja. Bukti sederhana yang sudah pernah terjadi adalah  pada seorang remaja laki-laki yang mengenakan topi seperti yang dipakai aktor dalam satu tayangan komedi di televisi. Remaja lainnya pun dengan segera menirunya, dan bahkan terkadang membuat ada banyak perubahan, dimana jika remaja ataupun anak-anak yang menirunya secara bersama-sama tanpa ada dampingan dari orang tua, akan terjadi beberapa hal yang tidak bertanggung jawab yang akan terjadi setelahnya. Sama halnya juga dengan permasalhan terkait dengan budaya, sosial dan politik yang juga dipengaruhi oleh media.

Menurut Astutik dalam bukunya (2008: 2) bahwa, tidak seperti orang dewasa yang pada umumnya sudah mampu mem-filter hal-hal baik atau pun buruk dari internet, remaja sebagai salah satu pengguna internet justru sebaliknya. Selain, belum mampu memilih dan memilah aktivitas internet yang bermanfaat, mereka juga cenderung mudah terpengaruh oleh lingkungan sosial mereka tanpa mempertimbangkan terlebih dulu efek positif atau negatiif yang akan diterima saat melakukan aktivitas internet tertentu. Terlebih lagi, perusahaan-perusahan yang terkait dunia internet dan pemasaran selalu menjadikan mereka sebagai “tambang emas” demi keuntungan bisnis mereka. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika selama ini perilaku online remaja selalu dijadikan sorotan utama untuk dikaji, baik oleh pihak pemerintah maupun lingkungan akademis.

Berikut adalah contoh beberapa hal  terkait peran dan fungsi pers yang beralih fungsi dan peranannya, antara lain :

  1. Tindakan beberapa pers (media massa) yang dengan sangat tidak menghiraukan kondisi psikologis seseorang yang sedang mengalami sebuah hal yang cukup pelik, terkadang hal tersebut justru menjadi suatu keuntungan tersendiri oleh beberapa oknum pers (media massa) yang tidak bertanggung jawab, misalnya : Remaja korban KTD (Kehamilan tidak di inginkan), dimana biasanya ada beberapa media massa (pers) yang mengulas dan memperjelas berita, dimana seharusnya tidak perlu sampai seperti itu, tapi bagaiamana teman-teman media massa juga ikut membantu terkait dengan memberikan informasi dan edukasi yang bisa membuat permasalahan seperti yang saat ini sedang terjadi, tidak semakin meradang dan tidak terselesaikan.

 Peran Orang tua dalam melakukan pendampingan

 Media massa (pers) tidak akan pernah bisa lepas dari kehidupan kita sehari-harinya, karena lewat media massa tersebut lah segala hal yang terbaru dan terupdate bisa kita ketahui, termasuk juga oleh banyak remaja yang menggunakan media massa sebagai sarana dalam melakukan segala aktivitasnya sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai orang tua ada beberapa hal yang bisa dilakukan terkait pendampingan terhadap anak-anak untuk bisa mengenalkan fungsi dan peran dari pers secara bertanggung jawab, antara lain :

  1. Tidak menutupi segala informasi yang di tanyakan, dengan catatan kita sebagai orang tua juga harus bisa terbuka dengan segala perkembangan informasi.
  2. Berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik dengan anak-anak.
  3. Selalu mempunyai waktu terhadap anak-anaknya, saat mereka sedang menikmati sajian informasi dari semua media massa (Televisi, Koran, majalah, radio, internet)
  4. Memberikan edukasi yang komperhensif (menyeluruh).

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_massa

https://irawatydjako20.wordpress.com/2014/12/19/dampak-media-massa-terhadap-perilaku-remaja/

 

Ditulis Oleh: Nisaul Azizah dan Itas (KIE Media SeBAYA PKBI Jatim)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s