Uncategorized

PRO KONTRA TERKAIT VALDAY’S TERHADAP REMAJA

67922_4434465906355_2098231613_n

Salah Gak Sih Ketika Cinta Itu Datang

Manisnya cokelat, indahnya bingkisan yang terbungkus rapi, dan juga untaian kata-kata yang begitu syahdu, adalah beberapa hal yang selalu ada menghiasi disetiap perayaan Valentine day, dimana setiap tanggal 14 Feberuari sejak dahulunya selalu menjadi hari untuk kita bisa membuat orang yang begitu terkasih dan tersayang lebih memaknai dan memahami arti dari sebuah cinta.

Tetapi banyaknya fenomena yang berkembang pada saat perayaan hari kasih sayang tersebut, membuat beberapa pihak tidak membolehkan untuk ikut dan larut dalam perayaan momen hari kasih sayang tersebut. Sebagian orang banyak beranggapan jika hari kasih sayang atau biasa disebut dengan Valday’s adalah perayaan yang tidak perlu dilakukan, karena hal tersebut merupakan kebiasaan dari orang-orang barat dimana dari berbagai sumber pun menjelaskan, jika hal tersebut juga sangat dilarang keras dalam ajaran islam serta diharamkan bagi setiap muslim yang merayakan.

Rasanya juga seperti tidak adil, jika memang fenomena dan keadaan yang terus berkembang, akhirnya membawa kita pada suatu keputusan dan persepsi dimana adanya sebuah pembatasan dalam melakukan sebuah pembuktian cinta yang datang dalam setiap diri manusia tanpa pernah ada rasa terpaksa dan sementara tersebut, karena sejatinya sebuah cinta adalah naluriah dimiliki oleh siapapun itu insan manusia di muka bumi ini.

Tidak semua perayaan dalam momen valentine day juga harus selalu di berikan dan di rayakan oleh pasangan kita (pacar), dan juga harus di ungkapkan pada tanggal 14 Februari tersebut. Karena kasih sayang yang tulus dan cinta yang suci adalah sebuah rasa yang memang seharusnya di setiap waktu kita selalu harus bisa kita berikan kepada siapapun itu, karena cinta sendiri juga tidak pernah mengenal sebuah perbedaan, hanya saja kita perlu harus dengan sangat bijak dan tepat dalam memaknai setiap cinta yang terasa dan akan kita berikan kepada siapapun itu nantinya yang akan merasakan cinta yang kita berikan.

Bukan Dengan Pencekalan, Tetapi Pembekalan Informasi

Valentine day memang selalu identik dengan banyaknya remaja yang melakukan hubungan seks pra-nikah sebagai pemberian hadiahnya pada moment valentine day tersebut. Tak jarang juga banyak beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai peluang dalam mencari rezeki dan juga momen mendulang untung yang sebanyak-banyaknya.

Bahkan di beberapa bulan ini pun juga sering kita jumpai, banyak daerah di indonesia yang memiliki banyak fenomena terkait dengan perayaan valentine day tersebut, salah satunya yang paling menjadi topik bahasannya adalah di jualnya cokelat yang selalu menjadi kado dalam setiap momen valentine day ini, di sisipi dengan beberapa bungkus kondom oleh beberapa oknum tidak bertanggung jawab tersebut.

Padahal tidak semua remaja merayakan valentine day dengan seperti yang saat ini sering terjadi pada fenomena yang ada, banyak hal yang bisa dilakukan dalam momen valentine day tersebut, selain itu juga tidak harus kita merayakannya dengan pasangan kita (pacar), tetapi bisa dengan kedua orang tua kita, teman, sahabat, dan yang pasti apa yang kita berikan dalam momen tersebut, tidak lah harus dengan sesuatu yang berlebih dan semampu dengan keadaan kita semuanya.

Berikut beberapa hal yang bisa di lakukan dalam menyikapi PRO KONTRA Valentine Day  terhadap Remaja:

  1. Lebih mengenalkan tentang pengertian terkait beberapa hal yang sering terjadi pada fenomena valentine day, serta bukan menjadikan momen valentine day tersebut sebagai momen yang harus kita tinggalkan, melainkan tetap merayakan dengan edukasi yang bisa membangun diri kita dalam meyikapi moment valentine day tersebut.
  2. Membuat surprise hadiah yang sesuai dengan keadaan dan semampu diri kita, serta tidak merayakannya dengan cara yang berlebihan.
  3. Memberikan pendampingan terhadap remaja, terkait dengan edukasi yang begitu komperhensif agar bisa di terima dan di terapkan oleh remaja tersebut.
  4. Lebih bertanggung jawab pada diri sendiri, karena hal tersebut juga termasuk dari bagian kita untuk menunjukkan rasa kasih dan sayang yang indah dan suci.

Selain hadiah-hadiah tersebut, jangan lupa sertakan hadiah gratis berupa senyum dan pelukan. Hadiah ini bisa diberikan setiap hari bagi orang terkasih sebagai bukti bahwa cintamu tak lekang oleh waktu.

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di SeBAYA PKBI Jatim,atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

“Berdasarkan Cerita dan Fenomena terkait Valentine day di Indonesia”

Itas (KIE Media, SeBAYA PKBI Jatim)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s