Uncategorized

SIAPA SIH REMAJA ITU?

holdinghands__by_diamondmarineMENGENAL LEBIH DEKAT SIAPA REMAJA

siapa sih sebenarnya remaja itu, pernah tahu tidak Sobat Remaja tentang siapa sih Remaja itu? kenapa juga disebut dengan remaja? padahal juga mereka masih termasuk dalam katagori seorang anak-anak?

 Nah mari kita cari tahu lebih dalam terkait tentang siapa sih remaja itu, Remaja sendiri

berasal dari kata latin adolesence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolescence memiliki arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional social, dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1990) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.

Erikson (dalam Hurlock, 1990) menyatakan bahwa masa remaja adalah masa kritis identitas-ego remaja. Identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya dan apa perannya dalam masyarakat serta usaha mencari perasaan kesinambungan dan kesamaan baru. Para remajaharus memperjuangkan kembali dan seseorang akan siap menempatkan idola atau sosok seseorang sebagai pembimbing dalam mencapai identitas akhir. Dapat ditarik kesimpulan dari beberapa definisi para ahli diatas bahwa remaja adalah individu yang sedang berada pada masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa dan ditandai dengan perkembangan yang sangat cepat dari aspek fisik, psikis, dan sosial.

Definisi ini makin berkembang ke arah yang lebih konkret operasional. Ditinjau dari bidang kesehatan, masalah yang terutama dirasakan mendesak mengenai kesehatan remaja adalah kehamilan yang terlalu awal. Sehingga WHO menetapkan batas usia 10-20 tahun sebagai batasan usia remaja. Kemudian WHO membagi kurun usia tersebut dalam 2 bagian,yaitu remaja awal 10-14 tahun dan remaja akhir 15-20 tahun. Berbeda dengan pengertian menurut UNFPA yang mengatakan bahwa rentang usia remaja adalah 15-24 tahun. Minat pada karir, pacaran, dan eksplorasi identitas seringkali lebih nyata dalam masa remaja akhir dibandingkan dalam masa remaja awal. Menurut, Sarwono, 2010 dalam proses penyesuaian diri menuju kedewasaan ada tiga tahap perkembangan remaja, yaitu :

  1. Remaja awal

Seorang remaja awal masih terheran-heran akan perubahan yang terjadi pada dirinya sendiri dan dorongan-dorongan yang menyertai perubahan itu. Kepekaan yang berlebihan ditambah dengan berkurangnya kendali terhadap “ego” menyebabkan para remaja awal ini sulit mengerti dan dimengeti orang dewasa.

  1. Remaja madya

Pada tahap ini remaja sangat membutuhkan teman-temannya. Memiliki kecenderungan untuk mencintai diri sendiri dan menyukai teman-teman yang memiliki sifat yang sama dengan dirinya. Selain itu, mereka juga berada dalam kondisi kebingungan karena mereka tidak tahu harus memilih yang mana antara dua situasi yang saling bertentangan.

  1. Remaja akhir

Tahap ini adalah masa konsolidasi menuju periode dewasa dan ditandai dengan pencapaian lima hal, yaitu :

  1. Minat yang semakin mantap terhadap fungsi-fungsi intelek
  2. Egonya mencari kesempatan untuk bersatu dengan orang lain dan dalam pengalaman baru
  3. Terbentuk identitas seksual yang tidak akan berubah lagi
  4. Egosentris diganti dengan keseimbangan antara kepentingan diri sendiri dengan orang lain
  5. Tumbuh ‘dinding’ yang memisahkan diri pribadinya (private self) dan masyarakat umum (the public)

Nah, itu adalah beberapa penjelasan terkait tentang siapa sih remaja itu, dan yang pasti perlu Sobat Remaja semuanya ketahui, jika masa remaja berbeda dengan masa anak-anak. Sedangkan masa Remaja sendiri merupakan sebuah masa peralihan dari anak-anak untuk menuju pada masa dewasa, dimana pada masa tersebut akan mengalami suatu proses yang akan dengan alami dialami, yaitu masuk pada masa pubertas.

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di @SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh : Itas (KIE Media SeBAYA PKBI Jatim)

Refrensi :

Modul : Pengenalan kesehatan reproduksi remaja, UNFPA, 2004

Modul : Pengenalan Organ Reproduksi remaja, SeBAYA PKBI Jatim, 2012

Hurlock, Elizabeth B. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. (Edisi Kelima). Jakarta : Erlangga.

Sarwono,. 2010. Psikologi Remaja. PT Rajagravindo Persada: Jakarta.

Santrock, J.W. (2001). Adolescence (8th ed.). North America: McGraw-Hill.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence (8th ed.). North America: McGraw-Hill

Walgito, Bimo, 2003 Perkembangan perilaku remaja, Yogyakarta : Andi ofset

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s