Uncategorized

KENALI PERUBAHAN PADA DIRIMU, DIMULAI DARI SEKARANG.

Pernah gak sih Sobat Remaja semuanya, mencari tahu tentang kenapa sih kita harus melewati masa pubertas terlebih dahulu, sebelum nanti akhirnya kita akan menjadi seorang yang dewasa???. Atau pernah gak sih Sobat Remaja semuanya bertanya tentang masalah perubahan yang terjadi pada diri masing-masing Sobat Remaja sekalian?

Atau Sobat Remaja semuanya masih sangat merasa malu ketika menceritakan dan mencari tahu tentang apa sih yang sebenarnya terjadi pada Sobat Remaja semuanya??. Proses itu sebenarnya sangatlah wajar dan terlebih itu sering terjadi pada semua remaja, ketika sebelum akan memasuki pada masa Dewasa, sebelumnya akan memasuki dunia yang biasa disebut dengan masa Pubertas. Banyak yang terjadi dan mengalami perubahan secara signifikan, termasuk dengan sudah matangnya organ reproduksi kita (Cowok : Penis, Cewek:Vagina).

PERUBAHAN YANG TERJADI PADA MASA PUBERTAS 

images (2)

Masa Pubertas adalah suatu misi dalam kehidupan yang dimulai pada saat kita berumur 9-10 tahun dan berakhir kurang lebih waktu kita berumur 15-16 tahun. Pada masa inilah pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat, tetapi laju pertumbuhan ini berbeda untuk masing-masing individu tersebut tergantung beberapa faktor-faktor seperti gizi dan genetis.

Penyebab munculnya puberitas adalah hormon yang dipengaruhi oleh hypofisis tadi sehingga mulkai muncul ciri-ciri kelamin sekunder yang dapat membedakan ciri-ciri tubuh perempuan dan laki-laki. pada laki-laki hormon tersebut diproduksi oleh testis dan dinamakan testosteron sedangkan pada wanita hormonnya diproduksi di indung telur dan dinamakan ekstogen dan progesteron hormon-hormon tersebut ada didalam darah dan mempengaruhi alat-alat didalam tubuh kita sehingga terjadilah beberapa pertumbuhan.

Hormon kelamin laki-laki (testosteron) bersama hormon anak ginjal (androgen) pada anak laki-laki menimbulkan ciri-ciri sekunder, yaitu :

  1. Tumbuh rambut di sekitar kemaluan, kaki, tangan, dada, ketiak, wajah. Tampak pada anak laki-laki mulai berkumis, berjambang, berbulu ketiak.
  2. Bersuara bariton atau suara bertambah besar
  3. Badan lebih berotot terutama bahu dan dada
  4. Pertambahan berat dan tinggi badan.
  5. Penis akan lebih besar dan kalau terangsang dapat mengeluarkan sperma (ejakulasi)
  6. Lebih cepat mengalami bau badan (karena kelenjar keringat lebih aktif).
  7. Mengalami mimpi basah

QWERTY

Indung telur memproduksi hormon kelamin perempuan (ekstrogen dan progesteron) pada anak perempuan yang akan menyebabkan munculnya ciri-ciri seks sekunder, seperti :

  1. Pertambahan tinggi badan
  2. Tumbuh rambut disekitar kelamin dan ketiak
  3. Kulit menjadi lebih halus
  4. Suara menjadi lebih halus dan tinggi
  5. Payudara mulai membesar
  6. Pinggul makin membesar
  7. Paha membulat
  8. Mengalami menstruasi

images (1)

Menghadapi masa pubertas itu sebenarnya jika kita nikmati, banyak hal yang bisa kita pelajari lebih dalam dan lebih lanjut. Hal tersebut nantinya juga akan berpengaruh dengan beberapa perubahan lainnya pada diri kita, dan itu semua bukan kutukan ataupun cobaan, melainkan itu adalah anugerah yang harus kita syukuri, karena dengan begitu kita akan bisa mengahrgai dan menjaga diri kita dengan bertanggung jawab.

Nah buat Sobat Remaja lainnya, yang mau bertanya, diskusi, dan sharing lebih lanjut lagi, bisa langsung saja menghubungi kita di Facebook/Twitter kita di @SeBAYA PKBI Jatim, atau bisa juga lewat Hotline Konseling kita di 085606060466.

Ditulis Oleh : Itas (KIE Media SeBAYA PKBI Jatim)

Refrensi :

Modul : Pengenalan kesehatan reproduksi remaja, UNFPA, 2004

Modul : Pengenalan Organ Reproduksi remaja, SeBAYA PKBI Jatim, 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s