Uncategorized

Hari Laki-laki Internasional

Hai Sobat SeBAYA…

Kamu tahu nggak sih kalau tanggal 19 November kemarin adalah sebuah peringatan Hari Laki-laki Internasional alias International Men’s Day?

Apa itu Hari Laki-laki Internasional?

Ini merupakan peristiwa tahunan yang dirayakan setiap 19 November dan diresmikan pada 1999 di Trinidad dan Tobago. Hari dan kegiatan tersebut mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan di Australia, Karibia, Amerika Utara, Asia, Eropa dan Afrika. Berbicara atas nama UNESCO, Direktur Perempuan dan Budaya Perdamaian Ingeborg Breines berkata, “Ini adalah ide yang sangat baik dan akan memberikan beberapa kesetaraan jender.” Dia menambahkan bahwa UNESCO menantikan untuk bekerja sama dengan penyelenggara.

Tujuan merayakan Hari Pria Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan pemuda dan pria, mengembangkan hubungan antargender, men’s and boys’ health, pengembangan hubungan gender, mendorong kesetaraan gender, dan menyoroti  lelaki teladan.

Bagaimana fenomena Mencare dikalangan masyarakat luas?

Karena di Indonesia masih ada budaya patiarki, maka dalam pandangan masyarakat mencare itu suatu hal yang tidak terlalu penting dan dianggap tidak menghargai laki-laki sebagai kepala keluarga. Padahal di tahun 2014 ini, sudah banyak juga peempuan yang sudah bekerja di luar rumah, sama halnya dengan pekerjaan laki-laki tapi tetap perempuan harus megurus pekerjaan rumah juga. Mencare ini berbicara tentang kesetaraan gender dimana seharusnya laki-laki dan perempuan memiliki peran tugas yang sama, seperti halnya tujuan awal dari adanya Hari Laki-laki Internasional. Program mencare, yakni dimana seorang laki-laki juga melakukan pekerjaan domestik dan perempuan bisa bekerja di luar ini telah diterapkan di Kota Bondowoso, Jawa Timur.

Apakah ada perbedaan Hari Ayah dan Hari Laki-laki Internasional?

Perbedaan antara kedua peringatan ini terletak pada tujuannya. Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Selain semua itu juga Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga.Sementara itu, Hari Laki-laki Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan pemuda dan pria, mengembangkan hubungan antarjender, men’s and boys’ health, mengembangkan hubungan gender, mendorong kesetaraan jender, dan menyoroti lelaki teladan.

Sumber: Siaran Radio SeBAYA PKBI Jatim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s