Uncategorized

Seni Berkomunikasi dengan Remaja

Komunikasi mermpunyai peran penting dalam hubungan antar individu. Proses komunikasi kita perlukan untuk memahami pikiran-pikiran yang dimaksud oleh orang lain, serta proses untuk menyampaikan apa isi pikiran kita. Maka, apabila komunikasi tidak berjalan baik, sudah pasti akan terjadi kesalahpahaman yang akan menimbulkan banyak kendala dalam hubungan tersebut.

Dalam kehidupan keluarga, khususnya bagi mereka yang mempunyai anak remaja tentu tahu betapa vitalnya peran komunikasi. Pada masa transisi dari anak menuju dewasa, seorang remaja akan mengalami perubahan mendasar pada dirinya, baik secara fisik, psikis dan juga sosial. Berbagai perubahan yang terjadi jika tidak dipahami dengan baik biasanya akan menimbulkan kebingungan dan kepanikan bagi remaja, dan ini tentu akan lebih parah lagi bila para orangtua tidak memahami apa yang terjadi pada anak remajanya.

Pada masa perubahan tersebut banyak hal-hal baru yang akan mereka jumpai, dan kondisi paling berat yang dirasakan adalah pada perubahan psikologis karena mereka akan menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, mudah marah, irasional, mudah stres, rasa ketakutan, timbul keinginan mandiri, lebih ekspresif, dan selalu ingin tahu berbagai hal. Kondisi tersebut sering menimbulkan anggapan pada sebagian orang tua atau orang dewasa bahwa tingkah laku anak remaja itu selalu sulit dipahami, menjadi sumber permasalahan, dan selalu menimbulkan konflik serta ketidaknyamanan.

Komunikasi yang benar antara orangtua atau orang dewasa dengan remaja menjadi kunci utama untuk mengurai “permasalahan” mereka. Komunikasi efektif mampu membentuk suasana keterbukaan yang dapat membuat remaja tidak cangung untuk membicarakan kendala mereka dan mempermudah orangtua untuk membantu mereka menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Namun, komunikasi dengan remaja kadang tidak selalu berhasil, hal ini karena ada beberapa kecenderungan yang dilakukan orang dewasa ketika berkomunikasi dengan remaja, diantaranya:

  1. Lebih banyak bicara daripada mendengar
  2. Selalu merasa tahu lebih banyak
  3. Selalu memberi arahan dan nasihat
  4. Tidak berusaha untuk mendengar dulu apa yang sebnarnya terjadi dan dialami para remaja
  5. Tidak memberi kesempatan agar remaja mengemukakan pendapat
  6. Tidak mencoba menerima dahulu kenyataan yang dialami remaja dan memahaminya
  7. Jika mereka tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan terhadap remaja maka akan merasa putus asa dan yang muncul yaitu kekesalan dan kemarahan.

Sebenarnya, berkomunikasi dengan remaja memiliki beberapa kunci pokok yang sebaiknya perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Mendengarkan dengan baik ketika remaja berbicara. Hal ini agar membuat para remaja mau berbicara dan pengeluarkan semua perasaan mereka.
  2. Menerima dan memahami dahulu perasaan yang dirasakan oleh remaja
  3. Berbicara untuk menyampaikan apa yang ingin disampaikan

Meskipun komunikasi itu merupakan hal yang biasa, namun untuk membuat sebuah komunikasi itu menjadi efektif ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Selain perlu kecerdasan, kesabaran dan kematangan diri, juga harus bisa teknik dan strategi untuk dapat memiliki keterampilan berkomunikasi fektif dengan remaja, antara lain:

  1. Orangtua atau orang dewasa perlu mengenal diri sendiri dan mengenal diri remaja melalui pemahaman persaan dan bahasa tubuh remaja
  2. Belajar mendengar aktif dan berbicara efektif
  3. Harus mampu memahami apa yang disampaikan mereka dan apa yang akan kita sampaikan
  4. Dapat cepat mendeteksi masalah yang muncul dalam kehidupan remaja
  5. Mampu menghindari hal-hal yang menghambat terjadinya komunikasi

Strategi tersebut merupakan strategi dasar dan tentu masih banyak teknik-teknik lain yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan dari para remaja dan orangtua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s