Uncategorized

Dance4Life: Let’s Dance Stop Aids!

“When I say Dance for You say Life

Dance for Life… Dance for Life!!!”

Sobat SeBAYA sudah akrab belum dengan sepenggal lirik di atas?

Ya, itu adalah lirik dari drill Dance4Life, yang merupakan gerakan global remaja (usia 10-24 tahun) yang dilakukan di 30 negara di dunia termasuk Indonesia lho. Dance4Life internasional ini berpusat di Amsterdam, Belanda. Tujuan dari Dance4Life ini adalah untuk meningkatkan kesadaran remaja akan HIV dan AIDS, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), dan Kekerasan Seksual. Melalui Dance4Life ini kami mengajak remaja untuk berperan aktif menjadi “agen perubahan” dalam penanggulangan ketiga isu tersebut.

dance4life-logo

Dance4Life di Indonesia sendiri sebenarnya sudah memulai gerakannya sejak tahun 2010 dan dimotori oleh YPI,YAI, PKBI Pusat dan RutgersWPF Indonesia sebagai National Concept Owner (NCO). Sejak awal hingga saat ini, Dance4Life Indonesia telah ada di 9 provinsi, antara lain Yayasan SIKOK Jambi, PKBI Lampung, YPI, PMI Jakarta, PKBI DKI Jakarta, PKBI DI Yogyakarta, Youth Forum Papua, STAR PKBI Riau, PKBI Sumatera Utara, PKBI Jawa Tengah, dan PKBI Jawa Timur. Sementara itu, perkembangan Dance4Life di Jawa Timur ini sudah mulai berjalan, yang kami mulai di Surabaya terlebih dahulu. Beberapa sekolah seperti SMA Hang Tuah 4, SMA Gema 45, SMK Gema 45, dan SMKN 1 Surabaya pun sudah mendaftarkan dirinya dan sudah kami lakukan HCT (Heart Connecting Tour), istilah kami untuk menyebut kegiatan ini.

Nah, kenapa kali ini kami posting informasi ini adalah karena ingin mengkampanyekan bahwa di beberapa kota dan kabupaten Jawa Timur kini remaja memiliki program yang sangat bagus. Bagus secara kualitas maupun packaging-nya. Melalui program Dance4Life ini, remaja tidak hanya memperoleh pengetahuan, melainkan secara aktif akan dilibatkan nantinya dalam hal kemanusiaan yang berhubungan dengan HIV AIDS, KTD, dan juga kekerasan seksual.

Pendekatan Dance4Life memadukan “budaya remaja” melalui media, bahasa, ikon, musik, dan khususnya tarian. Tarian adalah bahasa universal, dan melalui Dance4Life ini remaja menari untuk sebuah tujuan yaitu untuk penanggulangan AIDS, kekerasan seksual, KTD, serta menghilangkan stigma, diskriminasi dan tabu. Dance4Life pun mengenalkan adanya 4 tahapan unik untuk menghentikan HIV dan AIDS secara global yang diimplementasikan baik di komunitas untuk remaja di seluruh dunia. Konsep “4 tahapan” ini digambarkan melalui empat kata, yaitu Inspire (pemberian motivasi), Educate (serangkaian pemberian informasi), Activate (mampu secara mandiri menyebarkan informasi yang sudah diterimanya), dan Celebrate (perayaan atas keberhasilan mencapai tiga tahapan sebelumnya). Keempat tahapan tersebut merupakan bentuk persiapan remaja sebagai agen perubahan.  Ketika para remaja siap untuk memimpin dunia, maka permasalahan semacam HIV AIDS, KTD, dan kekerasan seksual pun bisa dicegah.

Tertarik dengan Dance4Life ini?

Jika ada sekolah atau komunitas yang ingin didatangi oleh tim Dance4Life kami, bisa menghubungi kami via SMS di 085606060466 atau bisa juga datang ke kantor kami di Jalan Lesti No. 35 Surabaya.

Yuk, lakukan perubahan dengan berbagai kegiatan yang positif, kreatif, dan produktif!

Ditulis oleh Eunike

Referensi: Materi Siaran Radio SeBAYA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s